Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 00:38 WIB

China Minta AS Tidak Menerima Presiden Taiwan

Oleh : Binar MP | Sabtu, 28 Oktober 2017 | 00:15 WIB
China Minta AS Tidak Menerima Presiden Taiwan
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen - (ist)
facebook twitter


INILAHCOM, Beijing - Kementerian Luar Negeri China pada Jumat (27/10/2017) meminta AS untuk tidak mengizinkan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen untuk transit di wilayah negara tersebut saat hendak melawat ke sejumlah negara sekutu di Pasifik.

Tsai dijadwalkan akan terbang pada Sabtu dalam sebuah perjalanan selama sepekan di tiga negara Pasifik, Tuvalu, Kepulauan Solomon, dan Kepualauan Marshall. Tsai akan transit di Honolulu dan Guam, lapor Reuters.

Lawatan itu dilakukan hanya dua pekan sebelum Presiden AS Donald Trump mengunjungi China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan bahwa pihaknya telah 'menegaskan sikapnya' terhadap AS mengenai persoalan tersebut. Beijing mendesak Washington untuk menghormati kebijakan 'satu China'.

"Terkait persoalan transit pemimpin Taiwan melalui wilayah Amerika Serikat, saya berpendapat bahwa alasan sebenarnya dari transit tersebut sudah jelas," kata dia dalam konferensi pers harian.

China selama ini memang sangat mencurigai Tsai karena dituding hendak mengupayakan kemerdekaan resmi bagi Taiwan, sebuah pulau otonom yang dianggap Beijing sebagai salah satu provinsinya sehingga tidak diperbolehkan untuk menjalin hubungan antar negara.

Komentar

 
x