Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 00:35 WIB

Rusia, Pengekspor Pejuang Jihad Terbesar di ISIS

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 26 Oktober 2017 | 14:18 WIB
Rusia, Pengekspor Pejuang Jihad Terbesar di ISIS
(Foto: indiatoday)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington DC - Rusia menjadi negara pengekspor pejuang jihad terbesar di dunia yang bergabung dengan kelompok militan ISIS.

Fox News mengabarkan Rabu (25/10/2017) hal itu diungkapkan oleh Soufan Group, sebuah konsultan keamanan intelijen berbasis di Washington DC. Menurut Soufan Group, sekitar 3.417 orang jihad berangkat dari Rusia, disusul dari Arab Saudi sebanyak 3.244 orang, lalu Yordania dengan 3 ribu orang, serta Tunisia 2.926 orang dan terakhir Prancis dengan 1.910 orang.

Sejumlah pejuang jihad dikabarkan kembali ke tanah airnya. Sebanyak 400 orang pejuang jihad kembali ke Rusia, sedangkan yang pulang ke Arab Saudi dan Tunisia berjumlah total 800 orang. Sementara itu, 400 orang Inggris yang ikut berjuang dengan ISIS juga telah kembali ke tanah airnya.

Para pejabat keamanan Rusia telah lama khawatir, bahwa para bekas pejuang ISIS yang kembali itu akan menjadi ancaman nasional. Kelompok ISIS bahkan bekerjasama dengan negara-negara kawasan Kaukasus Utara. Para kelompok ekstrimis itu berhasil menghabisi belasan petugas keamanan di Chechnya, belakangan ini. Para pejabat intelijen Rusia berhasil membongkar rencana aksi teror ISIS di kota Moscow dan St. Petersburg. Armada udara Rusia berhasil melakukan serangan udara ke kantong-kantong kelompok teror di Suriah.

Sejak akhir 2015, Turki dan beberapa negara lain menjadi pintu gerbang utama bagi pejuang jihad untuk menyusup dan bergabung dengan kelompok militan di Irak dan Suriah. Akibatnya arus pejuang itu "Tiba-tiba berhenti setelah ISIS kehilangan wilayahnya di Suriah dan Irak," bunyi penjelasan Soufan Group. Banyak di antara pejuang yang menuju ke Suriah dan Irak, tewas dalam pertempuran, atau menyerahkan diri dan kembali ke tanah airnya, dan dianggap menjadi ancaman bagi tanah airnya sendiri.

Tags

Komentar

 
x