Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 13:58 WIB

Wartawati Rusia Siap Ikut Pilpres Rusia di 2018

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 19 Oktober 2017 | 11:55 WIB
Wartawati Rusia Siap Ikut Pilpres Rusia di 2018
Ksenia A Sobchak - (Foto: ABC)
facebook twitter

INILAHCOM, Moskow - Ksenia A Sobchak, seorang wartawati Rusia menyatakan diri ikut mencalonkan diri Rabu (18/10/2017), untuk ikut serta dalam pemilihan presiden Rusia tahun depan.

The New York Times mengabarkan, Ksenia A Sobchak dinyatakan lewat YouTube dan sebuah surat yang dimuat di Harian Bisnis Rusia Vedomosti. Dalam awal kampanye itu, Ksenia, 35, menyatakan diri sebagai kandidat bagi mereka yang ditolak karena status quo.

"Jika ingin menunjukkan aktivitas Anda, atau kandidat Anda tidak boleh ikut pemilu, dan tidak ada calon lain yang layak, maka pilihlah Ksenia Sobchak," tulisnya di harian bisnis itu. "Kalian telah menggunakan kesempatan dan hak Anda secara damai. Cukup deh! Saya sudah muak dengan semua itu," teriak Ksenia.

Perempuan muda yang dijuluki Paris Hilton Rusia itu punya 5,2 juta pengikut di YouTube. Wartawati berusia 23 tahun itu, adalah putri Anatoly A Sobchak, bekas walikota St Petersburg yang tewas saat berkampanye untuk Presiden Vladimir Putin, tahun 2000.

Dalam wawancaranya dengan TV Rain atau Dozhd, sebuah stasiun televisi oposisi, Ksenia mengaku tertarik setelah melihat wawancara Putin tentang ayahnya. "Dia bilang setiap orang bisa mengeluarkan putusannya, dan bertanggung jawab juga, Tapi dia tidak begitu suka dengan keputusan saya mencalonkan diri," ujarnya.

Banyak pengamat politik menilai Ksenia Sobchak belum dewasa dan hanya ingin populer saja. Dmitri S Peskov, Juru Bicara Presiden Putin menggambarkan perempuan berwajah cantik itu penuh talenta. "Ada kemungkinan dia bisa dikenal lewat pencalonan kali ini. Tapi politik berbeda dengan dunia jurnalis dan dunia model. Sangat jauh berbeda," kata Dmitri menangapi Ksenia Sobchak.

Maklum, perempuan berusia 35 tahun itu, lebih banyak tampil sebagai orang kaya ketimbang politikus. Selain sering tampil di linimasa, Ksenia yang baru saja punya bayi itu, sering tampil di pagelaran mode di Paris, atau latihan Yoga, di atas kapal pesiar mewah dan restoran mahal. "Dia belum jadi politikus yang tangguh," kata pengamat lain.

Sementara itu, tokoh oposisi Alexei Navalny yang hingga kini masih dipenjara belum memberi komentar. Namun Leonid Volkov, juru bicaranya menyatakan pencalonan Ksenia Sobchak tak lebih hanya gurauan saja. "Lebih baik tetap jadi bahan gurauan saja," tulisnya di Facebook. "Atau apalah sebutannya, yang nantinya bisa jadi sebuah cerita yang sangat bodoh," tulis Leonid Volkov.

Komentar

 
x