Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 05:51 WIB

Filipina Punya Bank Khusus Warganya di Luar Negeri

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 10 Oktober 2017 | 13:23 WIB
Filipina Punya Bank Khusus Warganya di Luar Negeri
Presiden Filipina Rodrigo Duterte - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan untuk membentuk sebuah bank khusus bagi warga Filipina yang tinggal di luar negeri.

Kantor berita Reuters mengabarkan, perintah itu dikeluarkan Duterte melalui perintah eksekutif yang diterbitkan Senin (9/10/2017). Dalam perintahnya, Duterte memerintahkan Land Bank of the Philippines mengambil alih Philippines Postal Savings Bank Inc beraset US$181,5 juta, dan mengubah namanya menjadi Overseas Filipino Bank.

"Merupakan sebuah kebutuhan untuk mendirikan bank yang memberikan jasa keuangan dan layanan bagi kebutuhan warga Filipina di luar negeri," bunyi perintah eksekutif Duterte. "Keberadaan bank baru difokuskan untuk memberikan layanan berkualitas tinggi dan efisien bagi pengiriman mata uang asing," sambung perintah itu.

Menurut data Bank Sentral Filipina, pengiriman uang dari luar negeri selama 7 bulan pertama tahun 2017 mengalami kenaikan 5% dari 2016, menjadi US$16,095 miliar. Sebagian besar pengiriman berasal dari AS, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Singapura, Jepang dan Inggris. Selama ini, warga Filipina di luar negeri bergantung pada badan-badan pengiriman uang seperti MoneyGram atau sejenisnya, dengan biaya cukup tinggi. Setiap pengiriman US$1.000 dikenakan biaya US$15.

Filipina menjadi salah satu negara penerima kiriman uang dari luar negeri terbesar di dunia. 10 juta warga Filipina bekerja di luar negeri di bidang jasa, konstruksi, perawat, pembantu rumah tangga dan jasa lainnya. Pengirim uang ke tanah air sangat membantu konsumsi domestik dan menjadi salah satu kunci pertumbuhan ekonomi Filipina. Pendirian bank khusus itu, merupakan janji Rodrigo Duterte yang diucapkan saat kampanye presiden tahun lalu. Dalam kunjungannya ke Asia dan Timur Tengah, Presiden Duterte selalu mendapat sambutan hangat dari warganya.

Komentar

 
x