Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 05:48 WIB

Raja Salman Bertemu Presiden Putin di Moskow

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 5 Oktober 2017 | 13:37 WIB
Raja Salman Bertemu Presiden Putin di Moskow
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Moskow - Raja Salman dari Arab Saudi melakukan kunjungan pertama kali ke Rusia selama tiga hari hingga Sabtu (7/10/2017).

Deutsche Welle mengabarkan, Raja Salman akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (5/10/2017). Kedua pemimpin negara tersebut, akan membicarakan berbagai masalah. Termasuk Konflik Suriah, di mana masing-masing negara saling berseberangan, seperti halnya perang saudara di Yaman.

Pemerintah Saudi menggambarkan kunjungan Raja Salman ini, merupakan perjalanan bersejarah yang dilakukan seorang raja dari Arab Saudi. Sebaliknya, Presiden Rusia Vladimir Putin juga hanya sekali melakukan kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi pada tahun 2007. Dalam kunjungan ini, Raja Salman yang membawa sejumlah delegasi, akan menanda tangani sejumlah perjanjian bilateral, termasuk perdagangan senjata.

Hubungan Riyadh dan Moskow yang agak renggang, kembali menghangat setelah kedua negara menyepakati perjanjian penjualan minyak November tahun lalu. Bersama negara-negara anggota OPEC dan 10 negara produsen minyak lainnya, Saudi dan Rusia sepakat mengurangi produksi minyaknya untuk mendongkrak harga minyak mentah dunia.

Hubungan antara Rusia dan Arab Saudi pernah terjalin hampir 90 tahun silam. Uni Soviet merupakan negara pertama yang mengakui kedaulatan Arab Saudi pada 1926, meski Kerajaan Saudi belum terbentuk secara resmi hingga tahun 1932. Kunjungan Raja Salman ini terjadi setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengunjungi Arab Saudi bulan lalu, sebagai bagian dari kunjungannya ke sejumlah negara-negara Teluk.

Komentar

 
x