Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 05:48 WIB

Arab Saudi Tangkap Puluhan Orang Penyebar Hasutan

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 5 Oktober 2017 | 12:55 WIB
Arab Saudi Tangkap Puluhan Orang Penyebar Hasutan
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jeddah - Pemerintah Arab Saudi menangkap 46 orang yang dituduh menyebarkan perpecahan di khalayak umum, dan mendorong perpecahan antar-suku di kawasan Hail, Utara Saudi.

Kantor berita Reuters mengabarkan Rabu (10/4/2017), satu di antara 46 orang yang ditahan adalah warga Qatar. Belum diketahui kebenaran berita tersebut, namun penangkapan itu dilakukan menyusul perintah Raja Salman yang mencabut larangan kaum hawa untuk mengemudi kendaraan umum.

Badan intelijen dan anti-teroris Saudi, SPA mengungkapkan 22 orang di antaranya ditangkap setelah ditemukan sejumlah rekaman video di linimasa yang isinya Menghasut ketertiban umum. Sejumlah status yang diunggah di linimasa, menurut SPA, membangkitkan perasaan tak nyaman warga Saudi, atas sejumlah isu yang masih dipertimbangkan pihak Kerajaan Saudi, bunyi siaran resmi SPA.

Sementara itu, SPA juga menyiarkan pernyataan resmi dari Departemen Dalam Negeri Arab Saudi. Isinya, di tengah penyelidikan di Kawasan Hail, Utara Saudi, "Banyak warga yang mengungkap berbagai kasus dan menyebarkan berita bohong serta membesar-besarkannya untuk menghasut dan menimbulkan ketegangan antar-suku," bunyi pernyataan kementerian dalam negeri Saudi.

Setelah dua laporan itu muncul, Sekretaris Jenderal Dewan Agama Saudi, mengeluarkan pernyataan resmi. "Bagi siapapun yang mencoba mengancam keamanan dan persatuan Arab Saudi, mereka dianggap melakukan tindak kriminal berbahaya," bunyi pernyataan itu.

Komentar

 
x