Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 05:41 WIB

Presiden Trump Bakal Pecat Menkes Tom Price?

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 28 September 2017 | 13:27 WIB
Presiden Trump Bakal Pecat Menkes Tom Price?
(Foto: Vanity Fair)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington DC - Presiden AS Donald Trump diperkirakan bakal memberhentikan Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Tom Price, karena menyewa jet pribadi untuk keperluan kantor.

ABC News mengabarkan Rabu (27/9/2017), saat ditanya wartawan mengenai kabar buruk itu, Trump mengaku tidak senang. "Saya tidak senang dengan hal itu," katanya kepada para wartawan di luar Gedung Putih. "Saya akan tinjau kembali. Saya tidak senang, dan saya akan beritahu dia," lanjut Trump yang hendak berangkat ke Indianapolis mengumumkan rencana pemangkasan pajak. Jadi, Price akan dipecat? "Lihat saja nanti," kata Trump bersungut-sungut.

Seperti diketahui, Menteri Kesehatan Tom Price menyewa 24 kali penerbangan carteran terbang ke beberapa kota, beberapa bulan belakangan ini. Sehingga Pemerintah AS mengeluarkan dana US$300 ribu untuk keperluan tersebut. Padahal biasanya Tom Price hanya naik pesawat umum. Kini Inspektur Jenderal Departemen Kesehatan, tengah mengusut penggunaan dana yang dinilai gila-gilaan itu.

Rabu pagi lalu, Komisi Pengawas Rumah Tangga Kongres mulai menanyakan agen perjalanan yang digunakan pemerintah federal. Komisi itu telah mengirim surat ke Menteri Kesehatan Tom Price untuk merinci "Penggunaan pesawat carter dan pribadi yang digunakan untuk keperluan tugasnya".

Menteri Tom Price diberi waktu hingga 10 Oktober mendatang untuk menjelaskan rinciannya. Sementara itu, Menteri Keuangan Steve Mnuchin juga dibidik dan diminta menjelaskan perjalanan bulan madunya ke Eropa yang menggunakan pesawat pemerintah AS. Tapi belakangan, permintaan Kongres itu dibatalkan.

Komentar

 
x