Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 04:38 WIB

Presiden Trump Gelar Parade Militer Tahun Depan

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 19 September 2017 | 14:05 WIB
Presiden Trump Gelar Parade Militer Tahun Depan
Presiden Donald Trump - (Foto: Common)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington DC - Presiden Donald Trump berniat untuk menggelar parade militer dalam perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan AS bulan Juli tahun depan.

Politico mengabarkan, hal itu diungkapkan Trump Senin (18/9/2017). "Parade militer seperti dilakukan Prancis benar-benar hebat untuk warga dan membangkitkan semangat Prancis," kata pemimpin AS itu. "Banyak orang tak tahu, betapa hebatnya para pejuang di Prancis itu. Jika kalian lihat dan rasakan semua itu, kalian bisa merasakan kehebatannya," sambungnya.

Presiden Trump rupanya terpikat dengan parade militer yang dihadiri di Paris, Prancis dalam acara 100 tahun Hari Bastile, bulan Juli lalu. Dalam parade itu, Trump menyaksikan ribuan tentara Prancis dan AS berbaris melewati Gapura Champs-Elysees selama dua jam. Jajaran militer Prancis juga menurunkan sejumlah kendaraan militer, tank, pelontar peluru kendali dan belasan armada pesawat tempur serta helikopter.

"Karena saya menyaksikan parade itu, maka kita bisa lakukan hal yang sama pada saat perayaan kemerdekaan 4 Juli di Pennsylvania Avenue di depan Gedung Putih, bila hal itu disetujui parlemen dan pihak lain," kata Presiden Trump. "Saya tidak tahu betapa hebatnya. Kita harus coba dan lakukan hal itu, mengingat kita punya banyak pesawat dan pasukan militer sehingga kelihatan megah," ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Trump menjelaskan AS menyediakan anggaran militer sebesar $ 700 miliar lebih besar dari anggaran tahun-tahun sebelumnya. "Kita akan lihat lagi nanti," katanya tentang kemungkinan menggelar parade militer. "Saya akan berbicara dengan Jenderal John Kelly, Kepala Staf Angkatan Bersenjata AS dan sejumlah pejabat yang bisa dilibatkan untuk rencana ini. Yang pasti, kita harus memulainya tahun ini," kata Presiden Donald Trump.

Tags

Komentar

 
x