Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 21:41 WIB

Trump Jamin Peserta DACA Tak Dideportasi Tahun Ini

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 8 September 2017 | 12:55 WIB
Trump Jamin Peserta DACA Tak Dideportasi Tahun Ini
Presiden Donald Trump - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington DC - Presiden Donald Trump berjanji tidak akan melakukan tindakan apapun terhadap 800 ribu penerima Program DACA dalam jangka waktu enam bulan mendatang.

Associated Press mengabarkan, hal itu ditegaskan Presiden Trump lewat cuitan Twitter yang dikumandangkan Kamis (7/9/2017). "Bagi penerima DACA yang khawatir dengan statusnya selama enam bulan, jangan khawatir. Tidak ada tindakan apapun!" bunyi cuitan dalam akun Twitternya.

Penegasan itu dilakukan Trump, setelah diminta oleh Nancy Pelosi, pemimpin minoritas Kongres AS agar Trump memberikan jaminan. Dalam pertemuan tertutup dengan para anggota Kongres dari Demokrat, Pelosi mengaku telah menghubungi Trump agar memberikan jaminan. "Saya baru saja mengontak Presiden Trump dan beliau bersedia memberikan jaminan itu," kata Nancy Pelosi, tokoh Demokrat di depan sejumlah wartawan.

Setidaknya Twitter Trump itu memberikan ketenangan bagi 800 ribu imigran muda yang telah mendapatkan izin kerja dan tidak akan dideportasi dari AS. Mereka yang hampir habis masa izin kerjanya, diminta memperbarui lagi paling lambat bulan Oktober mendatang. Namun banyak yang tidak termasuk dalam program DACA, merasa was-was karena besar kemungkinan akan dideportasi, setelah Presiden Trump membatalkan Program DACA. "Belum jelas apakah Kongres mampu menyelesaikan problem ini dalam waktu enam bulan nanti. Lalu langkah apa yang akan diambil Trump bila parlemen gagal menganulir pembekuan DACA oleh Trump itu," tulis Associated Press.

Di bidang keimigrasian, sikap Trump memang sulit ditebak. Sebagian besar pemilih Republik pendukung Trump, menginginkan agar imigran tanpa dokumen segera dideportasi keluar dari AS. Namun sebagian besar kabinetnya - juga Ketua Parlemen AS Paul Ryan - serta mayoritas warga AS mendukung agar para bocah asing yang dibawa orang tuanya masuk secara ilegal ke AS, perlu dilidungi.

 
x