Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 04:31 WIB

Myanmar Pasang Ranjau Cegah Pengungsi Kembali

Oleh : Binar mp | Rabu, 6 September 2017 | 18:40 WIB
Myanmar Pasang Ranjau Cegah Pengungsi Kembali
(Foto: amnesty)
facebook twitter


INILAHCOM, Dhaka - Dua sumber pemerintah di Dhaka mengatakan bahwa dalam tiga hari terakhir terdapat ladang ranjau di perbatasan Myanmar dengan Bangladesh. Sumber itu juga menyebut bahwa ranjau- tranjau itu ditujukan untuk mencegah kembalinya Muslim Rohingya yang mengungsi.

Saat ini sudah hampir 150.000 Muslim Rohingya telah meninggalkan Myanmar menuju Bangladesh dalam waktu kurang dari dua pekan menurut para pejabat pada Rabu, setelah pemimpin Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan risiko pembersihan etnis di Myanmar yang bisa merusak stabilitas kawasan yang lebih luas.

Bangladesh akan secara formal mengajukan protes pada Rabu (6/9/2017) mengenai penempatan ranjau di dekat perbatasannya menurut sumber yang secara langsung mengetahui situasi itu namun minta identitasnya tidak disebut karena kepekaan masalah itu.

Namun sumber militer Myanmar mengatakan ladang ranjau sudah ada di sepanjang perbatasan itu pada 1990an untuk mencegah pelanggar batas dan militer sejak itu berusaha mencabutnya, namun tidak ada ranjau yang baru-baru ini ditanam, demikian menurut siaran kantor berita Reuters.

Komentar

 
Embed Widget

x