Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 11:32 WIB

Puluhan Pejabat Bank Vietnam Diadili Karena Korup

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 29 Agustus 2017 | 13:51 WIB
Puluhan Pejabat Bank Vietnam Diadili Karena Korup
(Foto: scmp)
facebook twitter

INILAHCOM, Hanoi - Lima puluh pejabat bank diadili di pengadilan Hanoi karena terlibat dalam kasus penyalah gunaan dana yang dikucurkan bank milik pemerintah Vietnam.

Deutsche Welle mengabarkan Senin (28/8/2017), mereka yang menjadi pejabat dan karyawan Ocean Bank, sebuah bank swasta milik perusahaan energi Petro Vietnam. Ha Van Tham, bekas direktur Ocean Bank dan sejumlah pejabat tinggi lainnya dituduh melanggar peraturan perbankan, dan meminjamkan kredit ke sejumlah badan lainnya. "Mereka juga melanggar peraturan manajemen ekonomi Vietnam, sehingga menyebabkan konsekuensi serius," bunyi tuduhan jaksa.

Pada saat pengadilan awal digelar Februari lalu, polisi menemukan bukti Ha Van Tham memberikan pinjaman sebesar $ 23,5 juta kepada Pham Cong Danh, bekas Bank Konstruksi Vietnam. Pinjaman sebesar itu diberikan kepada bank swasta itu, tanpa kolateral seperti yang dipersyaratkan bagi kredit bank umumnya. Para pejabat lain Ocean Bank juga diyakini bersekongkol sehingga negara dirugikan sebesar $ 69 juta.

Pada Mei 2015 lalu, Bank Negara Vietnam mengambil alih Ocean Bank setelah kebobolan bernilai total $ 445 juta dan kredit macet hampir 50% dari total dana yang tak ketahuan rimbanya.

Vietnam merupakan negara di urutan ke-113 dari 176 negara korup berdasar indeks Badan Transparasi Internasional tahun 2016. Pemerintahan PM Nguyen Xuan Phuc menyatakan diri memerangi korupsi yang melanda Vietnam selama beberapa tahun, dengan memvonis mati sejumlah pejabat senior yang ketahuan makan uang rakyat.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x