Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Januari 2018 | 05:20 WIB
 

Hari ini Bos Samsung Tunggu Hasil Vonis Hakim

Oleh : Binar MP | Jumat, 25 Agustus 2017 | 14:41 WIB
Hari ini Bos Samsung Tunggu Hasil Vonis Hakim
(bloomberg)

INILAHCOM, Seoul - Bos besar raksasa bisnis elektronik Samsung hari ini, Jumat (25/8/2017), menunggu keluarnya vonis hakim dalam perkara korupsi yang membuat terjungkalnya mantan presiden Korea Selatan Park Geun-Hye.

Jaksa menuntut si bos besar bernama Lee Jae-Yong itu dengan 12 tahun penjara yang jika dijatuhkan hakim akan menghambat kemampuan perusahaan raksasa itu dalam membuat keputusan-keputusan investasi besar.

Lee menghadapi berbagai dakwaan termasuk penyuapan, penggelapan dan memberikan keterangan palsu dalam skandal yang berpusat pada pembayaran dan janji Samsung senilai 43,3 miliar won (Rp511 miliar) untuk orang kepercayaan Park, Choi Soon-Sil.

Menurut jaksa uang suap sebesar itu ditukar dengan kebijakan pemerintah yang menguntungkan Samsung, termasuk dukungan pemerintah kepada peralihan pucuk pimpinan perusahaan setelah ayah si bos besar mendapatkan serangan jatung pada 2014.

Namun pengacara terdakwa menyatakan bahwa Lee telah dipaksa Park untuk membuat komitmen itu. Selain Lee, empat eksekutif top Samsung juga menjadi terdakwa, demikian AFP.

Komentar

 
Embed Widget

x