Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 21:42 WIB

Saudi Tangkap Remaja yang Berjoget Makarena

Oleh : Binar mp | Rabu, 23 Agustus 2017 | 18:46 WIB
Saudi Tangkap Remaja yang Berjoget Makarena
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Riyadh - Seorang anak laki-laki berusia 14 tahun ditangkap setelah rekaman video yang memperlihatkan ia berjoget Macarena di sebuah jalan ramai Arab Saudi, beredar viral.

BBC melaporkan bahwa remaja tersebut dituduh melakukan 'perilaku tidak pantas di muka umum' di Jeddah, seperti disebut dalam sebuah pernyataan.

Tidak jelas apakah kewarganegaraan anak ini atau apakah kasusnya akan diteruskan ke pengadilan.

Dalam klip 45 detik, terlihat, anak muda itu 'mengganggu' lalu lintas dengan joget yang diiringi lagu hit yang populer tahun 1990an. Klip tersebut diyakini diposkan pertama kali pada bulan Juli 2016.

Klip ini telah dibagikan luas di media sosial, memancing beragam tanggapan.

Sebagian membela anak itu dan bahkan menyebutnya sebagai 'pahlawan'. Namun tak sedikit pengguna medsos yang menyebut bahwa perilakunya itu 'tidak bermoral.'

Kurangnya hukum pidana yang dikodifikasi di Arab Saudi, membuat pejabat dan hakim memiliki kewenangan yang luas dalam melakukan penangkapan dan penghukuman terhadap anak-anak untuk berbagai urusan.

Awal bulan ini, Abdallah Al Shahani, seorang penyanyi populer ditangkap karena melakukan gerakan 'dabbing' saat konser di Taif.

'Dabbing' adalah gerakan mengesek-gesekan kepala ke bagian pangkal lengan, yang dilarang di Saudi karena dipandang mengacu pada budaya narkoba.

Warga Saudi yang juga seorang aktor dan presenter teve itu melakukan gerakan itu saat tampil di sebuah festival musik di Taif, saudi.

Dabbing diyakini muncul dari tradisi hip-hop di Atlanta, Georgia, AS, sekitar dua tahun lalu, dan menjadi populer setelah sejumlah selebritas, atlet, politikus termasuk Hillary Clinton tampil melakukan gerakan itu.

Komisi Nasional Pemberantasan Narkoba Saudi belum lama ini melarang gerakan itu karena dianggap mengacu pada penggunaan marijuana atau ganja.

Sebuah poster dari kementrian dalam negri Saudi 'memperingatkan rakyat tentang bahaya (gerakan) ini terhadap anak muda dan masyarakat, dan rakyat diperingatkan untuk tidak menirukannya."


Tags

Komentar

 
Embed Widget

x