Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 21:44 WIB

Tiga Buronan Saudi Menyerahkan Diri

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 8 Agustus 2017 | 12:33 WIB
Tiga Buronan Saudi Menyerahkan Diri
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Riyadh - Tiga warga Saudi yang menjadi buronan sejak 2012 menyerahkan diri ke petugas Departemen Keamanan Dalam Negeri Arab Saudi, Senin (7/8/2017).

Kantor berita Reuters melaporkan, ketiga warga saudi itu adalah: Mohammed Isa al-Lubbad, Ramzi Mohammed Jamal dan Ali Hassan al-Zayed. "Mereka berinisiatif menyerahkan diri dan akan dijadikan pertimbangan," bunyi pernyataan resmi kementerian dalam negeri Saudi. Ketiganya termasuk dalam daftar hitam dari 23 warga Syiah yang diburu karena mengganggu keamanan Kerajaan Arab Saudi.

Banyak di antaranya terbunuh atau tertangkap dalam beberapa tahun belakangan ini. Hanya ketiga orang itulah yang masih buron, sementara 8 lainya telah menyerahkan diri. Sisanya terbunuh, setelah terlibat konflik senjata dengan petugas keamanan. Selama dua bulan belakangan, petugas keamanan Saudi memburu para pelaku penyerangan pos polisi di Awamiya. Kota di Timur Saudi ini dihuni 30 ribu penduduk Syiah yang melakukan protes melawan Pemerintahan Sunni.

Menurut Reuters, konflik senjata terjadi sejak dua pekan belakangan ini, ketika pasukan elite memasuki Kota Awamiya. Bulan Mei lalu, penguasa setempat mulai merombak bangunan di kota tua yang dikelilingi jalan-jalan sempit. Melalui jalan-jalan sempit itulah, sejumlah warga Syiah dituduh menyerang petugas Saudi. Penduduk setempat memperkirakan lebih dari 20 ribu warga yang melarikan diri ke kota-kota dan desa terdekat. Lebih dari 12 orang terbunuh.

Provinsi Qatif yang kaya minyak, sering mengalami pergolakan dan serangan bersenjata sejak terjadi protes ala 'Arab Spring' tahun 2011. Mereka menuntut pelayanan yang adil dari Pemerintah Riyadh.

 
x