Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 05:40 WIB

Shahid Abbasi jadi PM Pakistan Sementara

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 2 Agustus 2017 | 13:27 WIB
Shahid Abbasi jadi PM Pakistan Sementara
Shahid Abbasi - (Foto: pakistantoday)
facebook twitter

INILAHCOM, Islamabad - Parlemen Pakistan memilih Shahid Khaqan Abbasi menjadi Perdana Menteri Pakistan baru, menggantikan Nawaz Sharif yang didongkel dari kekuasaan karena tersandung korupsi.

Kantor Berita Reuters mengabarkan Selasa (1/8/2017), para anggota Partai Liga Muslim Pakistan, pendukung Nawaz Sharif memukul-mukul meja sebagai tanda sukacita. "Singa! Singa Nawaz Sharif" teriak mereka setelah pemungutan suara yang menangkan 221 suara dari 342 kursi parlemen.

Dalam pidatonya Shahid Khaqan Abbasi mengungkapkan terima kasih kepada Muhammad Nawaz Sharif, seorang perdana menteri bagi rakyat Pakistan. "Setelah empat hari nanti, proses demokrasi berjalan sesuai pakemnya," sambung Shahid Khaqan Abbasi yang hanya menjadi Perdana Menteri Pakistan untuk sementara waktu. Shahid Khaqan menunggu Shabaz Sharif, adik kandung Nawaz Sharif yang kini masih menjabat Menteri Besar Provinsi Punjab.

Shabaz yang bakal mundur itu, diperkirakan akan memenangkan satu kursi di Parlemen Pakistan, sehingga ia dianggap sah menjadi perdana menteri Pakistan. Seperti diketahui, Nawaz Sharif diminta mengundurkan diri oleh Mahkamah Agung Pakistan, karena tidak bersedia mengungkapkan pendapatan dan kekayaannya. Nawas Sharif terpilih kembali jadi PM Pakistan pada 2013 lalu.

Upaya Partai Liga Muslim Pakistan yang hendak mempertahankan tampuk kekuasaan Pakistan itu, mengundang protes kelompok oposisi. Termasuk Imran Khan, tokoh oposisi yang berhasil menggulingkan Nawaz Sharif lewat protes jalanan itu, menuduh Nawaz Sharif menciptakan dinasti politik di Pakistan. Imran Khan, bekas pemain cricket itu juga menuduh PM Baru Shahid Khaqan Abbasi menilap dana jutaan dolar dalam pembangunan infrastruktur pabrik LNG di Selatan Karachi.

Komentar

 
x