Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 21:26 WIB

Ulama Syiah Iraq Moqtada al-Sadr Kunjungi Saudi

Oleh : Binar mp | Selasa, 1 Agustus 2017 | 14:10 WIB
Ulama Syiah Iraq Moqtada al-Sadr Kunjungi Saudi
(Foto: AP Photo)
facebook twitter

INILAHCOM, Dubai - Seorang ulama Syiah Irak yang sangat berpengaruh, Moqtada al-Sadr, melakukan kunjungan ke Arab Saudi yang jarang sekali dia lakukan, Minggu (30/7/2017) waktu setempat, di mana dia bertemu dengan pangeran mahkota Saudi dan para pejabat Saudi lainnya, lapor kantor berita Saudi SPA.

Irak terjepit di antara kekuatan-kekuatan yang bermusuhan, yakni antara Iran yang didominasi Syiah dengan negara-negara yang dikuasai Sunni, salah satunya Arab Saudi.

Bulan lalu Irak dan Arab Saudi mengumumkan telah membentuk dewan koordinasi guna meningkatkan hubungan strategis sebagai bagian dari sebuah upaya menyembuhkan masalah-masalah dalam hubungan dengan tetangga-tetangga Arab.

Saudi membuka kembali kedutaan besarnya di Baghdad pada 2015 setelah 25 tahun putus hubungan, dan Februari silam Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir melawat ke Baghdad yang juga langka terjadi.

Sadr, pemimpin Syiah yang anti-Amerika, mengomandoi milisi-milisi sangat berpengaruh di kalangan miskin kota Baghdad dan kota-kota di bagian selatan Irak, seperti Saraya al-Salam atau milisi Brigade Perdamaian.

Dia bertemu dengan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman di Jeddah dan mendiskusikan masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama, demikian laporan SPA.

Komentar

 
Embed Widget

x