Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 08:12 WIB

Novanto Hormati Proses Hukum di KPK

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 18 Juli 2017 | 00:37 WIB
Novanto Hormati Proses Hukum di KPK
Ketua Harian Partai Golkar, Nurdin Halid - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Harian Partai Golkar, Nurdin Halid mengatakan partainya akan mengambil langkah-langkah sesuai mekanisme tatanan yang ada di Golkar pasca penetapan Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan proyek e-KTP.

"Setelah nanti kita menerima surat penetapan tersangka secara resmi, maka DPP Golkar akan mengambil langkah-langkah," kata Nurdin di kediaman Novanto, Senin (17/7/2017).

Ia menjelaskan partainya sudah bersepakat untuk menghargai proses hukum yang dihadapi oleh Ketua DPR, namun tetap harus menjunjung tinggi juga azas praduga tak bersalah. Menurut dia, Novanto saat ini pasrah dengan status yang disandangkannya.

"Kita menghargai keputusan KPK, ketua umum mengatakan saya akan patuh kepada hukum. Pak Novanto sedang menentukan langkah-langkah hukum bersama dengan penasehat hukum dan partai," ujarnya.

Untuk diketahui, Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan penetapan status Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP. Karena, Novanto diduga menguntungkan diri sendiri ketika menjadi anggota DPR Periode 2009-2014.

Novanto disangkakan dengan Pasal 2 dan Pasal 3 ayat (1) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Novanto melalui pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong diduga mengkondisikan pemenang pengadaan barang dan jasa e-KTP. Novanto sebagai tersangka keempat dalam kasus korupsi yang merugikan uang negara senilai Rp2,3 triliun.[jat]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x