Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 08:31 WIB

Penerbitan Perppu Ormas

Pembubaran Ormas Bisa Timbulkan Efek Samping

Oleh : Ivan Setyadi | Senin, 17 Juli 2017 | 04:43 WIB
Pembubaran Ormas Bisa Timbulkan Efek Samping
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak meminta pemerintah memikirkan efek samping setelah ormas dibubarkan dengan lahirnya Perppu nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas.

"Represifitas akan sangat berbahaya, bukan justru "mematikan" ormas yang berideologi tidak sesuai dengan identitas ke-Indonesian, justru mereka bisa melakukan konsolidasi dan memperkuat diri karena merasa di dzholimi," katanya kepada INILAHCOM, Minggu (16/7/2017).

Pemerintah mengeluarkan aturan yang bisa membubarkan sebuah ormas yang dianggap bertentangan dengan ideologi bangsa, Pancasila. Selain itu, proses pembubaran tidak melewati proses hukum atau pengadilan.

"Pembubaran tersebut tentu harus tetap ditempuh dengan cara formal-konstitusional, melalui mekanisme hukum yakni melalui pengadilan. Jangan sampai Pemerintah justru bertindak represif seperti era orde baru," ungkapnya.

Belakangan, Presiden Jokowi mempersilahkan pihak-pihak yang menolak untuk menggugatnya ke Mahkamah Konstitusi (MK)."Maka, jalan hukum harus selalu dipilih dan ditempuh oleh Pemerintah," tandasnya.

 
Embed Widget

x