Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 08:14 WIB

Ayah Ajak Anaknya yang Sakit Tidur di Kuburan

Oleh : Binar MP | Minggu, 2 Juli 2017 | 02:45 WIB
Ayah Ajak Anaknya yang Sakit Tidur di Kuburan
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Neijing - Seorang gadis kecil dari Neijing di Provinsi Sichuan, China, mendapat bantuan setelah sang ayah mengunggah video mengajak sang anak berbaring di kuburan untuk mempersiapkan kematiannya.

Zhang Xinlei (2 tahun), seperti dikutip dari laman Peoples Daily Online, menderita Thalassemia sejak lahir, penyakit keturunan berupa kelainan darah yang dapat berakibat fatal bila tidak mendapat penanganan medis.

Dalam video tersebut, ia berbaring di liang yang digali untuk kuburan. Menurut laporan media setempat, sang ayah mengajaknya bermain dan beristirahat di kuburan setiap hari untuk mempersiapkan kematiannya.

Keluarga Zhang Xinlei sudah menghabiskan dana sekitar US$20.600 atau sekitar Rp275 juta dan sudah tidak mampu lagi menanggung biaya pengobatan.

Cerita itu tersebar viral di plaform media sosial China serta menjadi berita utama di sejumlah media massa setempat.

Video yang sudah ditonton lebih dari 16 juta kali itu direspons publik dengan menggalang dana untuk gadis kecil itu.

Deng Min, ibu Zhang Xinlei, mengunggah permintaan dana di Shuidichou.com, situs penggalangan dana terbesar di China, awal bulan ini, untuk mengumpulkan dana sebesar US$29.400 atau sekitar Rp392 juta. Saat ini, donasi untuk Zhang Xinlei, mencapai angka US$15.600 atau sekitar Rp208 juta.

Melalui situs itu, Deng Min juga mengumumkan mereka akan memiliki anak kedua yang diharapkan dapat menyelamatkan nyawa Zhang Xinlei melalui bantuan tali pusat darah, cord blood.

Tetapi, untuk cadangan tali pusat itu, mereka memerlukan dana US$1.800 (sekitar Rp24 juta) dan biaya operasi akan berjumlah berkali lipat.

Selain mendapat simpati dari publik, banyak juga warganet yang menyampaikan kritik karena keputusan orang tua dapat berakibat pada kesehatan mental.

"Buat saya, seperti candaan. Kasihan anak itu, menaruh di kuburan bukan keputusan baik karena berbahaya untuk mentalnya," tulis seorang warganet.

"Saya tidak paham kenapa mereka mau anak kedua, tali pusat darah bukan obat mujarab. Anak kedua juga bisa dapat penyakit itu. Saya rasa orang tuanya tidak bertanggung jawab dan tidak sadar," tulis yang lain.

Thalassemia merupakan penyakit genetik yang didapat dari garis orang tua. Penyakit ini bisa didiagnosis sebelum lahir, tapi, orang dari pedesaan di China umumnya tidak paham mengenai tes tersebut.

Komentar

 
x