Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 03:06 WIB

Mahasiswa AS yang Dibebaskan Korut Meninggal Dunia

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 20 Juni 2017 | 13:15 WIB
Mahasiswa AS yang Dibebaskan Korut Meninggal Dunia
(Foto: dailymail)
facebook twitter

INILAHCOM, Cincinnati - Otto Warmbier, mahasiswa AS yang baru saja dibebaskan Korea Utara, dinyatakan meninggal dunia pada Senin (19/6/2017).

NBC News mengabarkan, Fred dan Cindy Warmbier, kedua orang tuanya mengeluarkan pernyataan resmi yang menyebutkan "Dikelilingi keluarga yang mencintainya, Otto meninggal dunia hari ini pukul 14.20 waktu setempat," tulisnya dalam pernyataan resminya. Kedua orang tua Otto tidak menyebutkan penyebab kematian putranya.

Para dokter dari University of Cincinnati Medical Center yang memeriksa kesehatan Otto pekan lalu, mengungkapkan korban mengalami kerusakan otak yang cukup parah. "Besar kemungkinan kerusakan itu dialami lebih dari setahun lalu," bunyi penjelasan para dokter.

Sementara itu, Fred dan Cindy, kedua orang tuanya, menjelaskan pada saat kembali ke Cincinnati pada 13 Juni lalu, Otto tidak dapat berbicara, tak dapat melihat dan tidak bereaksi saat ditanya. "Dia kelihatan sedih dan merasa tidak nyaman. Meski tidak pernah mendengar suaranya, namun wajahnya berubah sehari kemudian. Dia merasa damai saat berada di rumah. Kami yakin, dia bisa merasakan hal itu," kata Fred dan Cindy.

Dr. John Torres, ahli medis NBC News memperkirakan Otto Warmbier mengalami pneumonia, atau pembengkakan paru-paru. "Mungkin karena itulah, pihak Korea Utara membebaskannya," tutur John Torres. Lebih lanjut, dituturkan bahwa seorang pasien yang terlalu lama berada di atas tempat tidur akan rentan terhadap pneumonia. "Mungkin dia semakin lama semakin menderita sakit," kata John Torres.

Otto Warmbier, mahasiswa Universitas Virginia tersebut berlibur ke Korea Utara awal tahun 2016. Saat hendak pulang ke AS, Otto, 21 tahun, ditangkap karena ketahuan menyimpan poster propaganda Korut, untuk cindera mata. Padahal poster itu telah dibuang di kamar hotelnya. Dalam proses Pengadilan Tinggi Korut yang berlangsung selama satu jam, Otto Warmbier dijatuhi hukuman penjara dan kerja paksa selama 15 tahun, dengan tuduhan melakukan subversi.

Tags

 
x