Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 Juli 2017 | 01:44 WIB

Tiga Paket Diplomat Korut Ditahan di Bandara JFK

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 20 Juni 2017 | 12:44 WIB
Tiga Paket Diplomat Korut Ditahan di Bandara JFK
(Foto: fox43)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Sejumlah barang dan dokumen milik delegasi Korea Utara yang baru saja menghadiri Konperensi PBB di New York, dirampas petugas imigrasi AS, saat meninggalkan Bandara John F. Kennedy, New York.

CNN mengabarkan Senin (19/6/2017), hal itu diungkap KCNA. Kantor berita resmi Korut tersebut, mengungkapkan para petugas Keamanan Dalam Negeri AS merampas paket diplomatik milik delegasi Korut. "Padahal paket itu dibawa oleh pelayanan jasa kiriman diplomatik," tulis KCNA dalam protesnya. Karena itu, lanjut protes itu, "Kami menyebut insiden itu merupakan aksi provokasi yang ilegal dan keji," bunyi pernyataan resmi kantor berita itu.

Pihak Departemen Dalam Negeri AS, DHS mengakui bahwa mereka merampas paket dan dokumen milik tiga warga negara Korut di Bandara JFK. Namun, ketiga warga Korut itu bukan diplomat dan tidak memiliki paspor diplomatik. "Menurut Depatemen Luar Negeri AS, mereka tidak terdaftar sebagai anggota diplomat Korut di PBB dan tidak memiliki kekebalan diplomatik," bunyi pernyataan resmi DHS.

"Paket milik mereka juga tidak dilindungi kekebalan diplomatik dan boleh diperiksa," sambung DHS. "Saat itu, ketiga warga Korut tersebut mencoba mengambil barang-barang tersebut, namun berhasil dicegah petugas kami," bunyi pernyataan resmi DHS.

Gara-gara insiden itu, ketiga warga Korut tersebut menolak naik ke atas pesawat pulang ke Pyongyang. Mereka melanjutkan misinya menghadiri konperensi PBB yang membahas tentang 'Hak-hak warga disabilitas, yang membutuhkan perhatian khusus'.

Menurut Konvensi Jenewa 1961, paket yang dibawa para diplomat yang membawa paket diplomatik tidak boleh diperiksa atau ditahan. Barang bawaan mereka juga tidak boleh dibuka atau digeledah. Konvensi Jenewa 1961 juga menyebutkan bahwa setiap orang yang membawa paket diplomatik harus memiliki identitas sebagai diplomat, dan barang bawaan yang dibawa harus ditandai sebagai paket diplomatik.

Tags

 
x