Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 03:13 WIB

Angkatan Laut China dan Iran Gelar Latihan Militer

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 20 Juni 2017 | 12:14 WIB
Angkatan Laut China dan Iran Gelar Latihan Militer
(Foto: cnn)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - Angkatan Laut China dan Iran melakukan latihan bersama di Selat Hormuz yang dikenal sebagai posisi strategis di Teluk Persia, di tengah ketegangan di kawasan tersebut.

Seperti dikutip Business Insider Senin (19/6/2017) latihan bersama itu dibenarkan IRNA. Menurut kantor berita resmi Iran itu, Pemerintah Teheran melibatkan sebuah kapal perang, sedangkan China melibatkan dua kapal perusak, kapal logistik dan sebuah helikopter. Menurut Kantor Berita Xinhua, setelah latihan bersama pada hari Ahad kemarin, armada China berangkat menuju Oman.

Armada China itu berlabuh di Pelabuhan Bandar Abbas, Iran pada Kamis mendatang, setelah melakukan sebuah misi pelatihan di Pelabuhan Karachi, Pakistan. Sementara itu, Angkatan Laut Iran akan mengerahkan 700 personilnya untuk latihan militer bersama dengan China itu, dan mengerahkan sebuah kapal perusak Alborz, sebuah helikopter. Laksamana Madya Hossein Azad mengungkapkan, latihan bersama kedua negara itu dimaksudkan untuk saling bertukar informasi mencegah aksi perompak, dan mengawal kapal-kapal dagang kedua negara dan melakukan operasi penyelamatan.

Bagi Iran, latihan bersama ini akan mendorong Pemerintah Teheran untuk bergabung dalam Organisasi Kerjasama Shanghai. Organisasi ini merupakan blok pertahanan bersama yang terdiri dari China, Pakistan, India dan negara-negara Asia Tengah lainnya. Banyak yang memperkirakan Organisasi Kerjasama Shanghai tersebut, bakal menyaingi Organisasi Pertahanan Atlantik Utara, NATO.

Xu Guangyu, bekas jenderal China menyatakan latihan bersama itu sebagai pertanda persahabatan antara China dan Iran. "Di tengah kontroversi antara Qatar dan Negara-negara Timur Tengah dewasa ini, China selalu bersikap netral dan bermaksud mendamaikan kedua pihak," tutur Xu Guangyu. Benarkah?

Tags

 
x