Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 Juli 2017 | 23:26 WIB

Kebakaran Apartemen London Sudah Tewaskan 12 Orang

Oleh : - | Kamis, 15 Juni 2017 | 14:17 WIB
Kebakaran Apartemen London Sudah Tewaskan 12 Orang
(BBC)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Hingga kini tercatat 12 orang tewas dan 18 lainnya cedera kritis akibat kebakaran hebat yang melanda sebuah gedung apartemen di London barat pada Selasa tengah malam atau Rabu pagi WIB.

BBC melaporkan, sehari setelah insiden tersebut, masih ada kantong-kantong api di dalam bangunan dan banyak orang yang masih belum ditemukan atau diketahui keberadaannya.

Laporan tentang kebakaran di Grenfell Tower, apartemen 24 lantai di di Kensington utara, Inggris, diterima petugas pada pukul 00.54 BST (06.54 WIB). Diyakini, api mulai berkobar di lantai empat, kemudian menyebar dengan cepat.

Sedikitnya 40 mobil pemadam kebakaran dan sekitar 250 petugas dikerahkan untuk mengatasi kobaran api tersebut.

Polisi menyebut, dua belas orang dipastikan meninggal, namun jumlah tersebut dikhawatirkan akan meningkat.

Dinas Ambulans London mengatakan 78 orang telah dirawat di enam rumah sakit; 34 pasien tetap dirawat di rumah sakit dan 18 orang di antaranya, dalam perawatan kritis.

Petugas pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan 65 orang dari gedung tersebut, menurut London Fire Bridge. Yang lainnya meloloskan diri dengan upayanya masing-masing.

Tidak diketahui berapa banyak yang masih belum ditemukan, sementara polisi mengatakan bahwa tidak mungkin korban yang lebih banyak akan ditemukan.

Saksi mata menyebut beberapa orang mungkin terjebak dalam bangunan yang terdiri dari sekitar 120 flat itu.

Dewan lingkungan Notting Dale, Judith Blakeman, yang tinggal di seberang apartemen itu, mengatakan, antara 400 dan 600 orang tinggal di gedung yang terbakar tersebut.

Sementara itu, Wali Kota London Sadiq Khan mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran hanya berhasil mencapai lantai 12 untuk memadamkan api.

"Prioritas utama kami adalah mengakomodasi warga yang tinggal di Grenfell Tower, keluarga dengan anak kecil, orang tua dan orang-orang yang rentan," kata Khan dalam sebuah pernyataan.

Belum diketahui apa yang menyebabkan kebakaran tersebut. Matt Wrack, sekretaris jenderal Serikat Pemadam Kebakaran, mengatakan bahwa penyelidikan penuh harus dilakukan seketika.

Grenfell Tower dibangun tahun 1974 oleh Dewan Kota Kensington dan Chelsea di London barat sebagai bagian dari kompleks perumahan rakyat Lancaster West Estate di kawasan kota London dengan jumlah total hampir 1.000 flat maupun rumah.

Walau terletak di kawasan yang sebagian penghuninya adalah kaum berada, Grenfell Tower diperuntukkan untuk penduduk yang membutuhkan bantuan perumahan.

Beberapa penghuninya dilaporkan sudah membeli flat yang mereka diami selama ini, yang memang dimungkinkan oleh undang-undang.

Perbaikan senilai 8,6 juta poundsterling --yang merupakan bagian dari transformasi yang lebih luas-- diselesaikan oleh Rydon Construction pada Mei tahun lalu.

Pihak Rydon Construction menyatakan bahwa mereka 'terkejut mendengar kebakaran yang menghancurkan' dan menambahkan bahwa renovasi yang mereka lakukan telah 'memenuhi semua peraturan tentang bangunan, ketentuan terkait api dan standar kesehatan dan keselamatan kerja'.

Kemudian dikeluarkan sebuah pernyataan baru, dengan menghapus penyebutan sebelumnya tentang standar peraturan kebakaran bangunan, namun mengatakan bahwa proyek tersebut memenuhi 'semua peraturan yang dibutuhkan tentang bangunan'.

Gedung apartemen ini dikelola oleh Kensington and Chelsea Tenant Management Organization (KCTMO) atas nama dewan tersebut.

Kelompok Grenfell Action Group menyatakan, sebelum dan selama peremajaan, bahwa gedung tersebut mengandung risiko kebakaran dan para penghuninya telah diperingatkan bahwa akses kendaraan darurat ke lokasi itu 'sangat terbatas'.

Pada Februari 2013 silam, warga memperingatkan bahwa berbagai peralatan keselamatan kebakaran, termasuk alat pemadam kebakaran, belum pernah dicoba sejak 12 bulan.

KCTMO mengatakan bahwa mereka menyadari pengaduan-pengaduan itu dan mereka akan melakukan penyelidikan.

Geoff Wilkinson, seorang penilik gedung dan kebakaran, mengatakan kepada BBC bahwa Grenfell Tower tidak berfungsi sebagaimana seharusnya tatkala mulai terbakar, karena seharusnya api itu langsung terlokalisasi sebagai kebakaran terbatas di sebuah apartemen, dan tidak merembet.

"Ada yang luar biasa salah di sini," katanya.

 
x