Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 08:27 WIB

Qatar Sepakat Beli Jet Tempur F-15 dari AS

Oleh : - | Kamis, 15 Juni 2017 | 13:42 WIB
Qatar Sepakat Beli Jet Tempur F-15 dari AS
(ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Doha - Kementerian Pertahanan Qatar mengatakan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan pembelian jet tempur F-15 dari AS seharga US$12 miliar atau sekitar Rp160 triliun.

Kesepakatan itu diselesaikan meskipun baru-baru ini negara Teluk tersebut dikritik oleh Presiden AS Donald Trump karena mendukung terorisme.

Menurut sumber Reuters, Kamis (15/6/2017), Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dan perwakilan dari Qatar akan bertemu untuk meresmikan kesepakatan tersebut. Sementara Bloomberg News melaporkan, ada 36 unit pesawat F-15 yang dibeli oleh Qatar dari AS.

Penjualan tersebut akan meningkatkan kerja sama keamanan dan informasi antara AS dan Qatar, kata Pentagon dalam sebuah pernyataan surat elektronik pada Rabu (14/6/2017).

Menteri Pertahanan AS dan koleganya dari Qatar, Khalid al-Attiyah, akan mendiskusikan kerja sama operasi kedua negara untuk melawan ISIS dan juga meredakan ketegangan antara Qatar dengan sejumlah negara Teluk.

Pada November tahun lalu, AS menyetujui penjualan hingga 72 pesawat F-15QA ke Qatar seharga US$21,1 miliar atau sekitar Rp280 triliun. Boeing menjadi kontraktor utama penjualan pesawat tempur ke negara Timur Tengah. Namun, pihak Boeing menolak berkomentar.

Jumat pekan lalu, Trump menuduh Qatar sebagai sponsor utama dari terorisme. Sejumlah negara di Timur Tengah, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Libya, hingga Sri Lanka memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

 
x