Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 08:24 WIB

Anggota Parlemen Turki Divonis Puluhan Tahun

Oleh : - | Kamis, 15 Juni 2017 | 12:31 WIB
Anggota Parlemen Turki Divonis Puluhan Tahun
Enis Berberoglu - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Ankara - Pengadilan Turki menjatuhkan vonis hukuman 25 tahun penjara pada Enis Berberoglu, karena dituduh mencuri rahasia negara kepada Harian Cumhuriyet, Rabu (19/6/2017).

Kantor berita Associated Press mengabarkan, rahasia negara itu diterbitkan Harian Cumhuriyet, Mei 2015. Isinya, badan intelijen Turki menyelundupkan sejumlah senjata kepada kaum pemberontak Suriah tahun 2014. Kala itu, Turki heboh dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membantah berita yang mencorengnya itu.

Mulanya, Enis Berberoglu, anggota parlemen dan bekas wartawan itu dijatuhi hukuman seumur hidup. Namun pengadilan menilai Enis, 61 tahun, berkelakuan baik sehingga hukumannya diperingan menjadi 25 tahun. Sementara, Can Dundar, pemimpin redaksi Harian Cumhuriyet, dan Erdem Gul perwakilannya di Ankara - keduanya melarikan diri ke luar negeri - juga diadili inabsensia dengan tuduhan yang sama. Oleh Pemerintah Turki, ketiga terdakwa itu juga dituduh membantu organisasi teroris pimpinan Fethullah Gulen.

Vonis pengadilan itu, membuat Partai Rakyat Republik CHP, partai oposisi yang diwakili Enis Berberoglu, meninggalkan parlemen sebagai aksi protes. "Di sini, harian yang menyiarkan sebuah truk penuh senjata dikirim ke kelompok teror dihukum 25 tahun. Tapi penyelundupan senjata ilegal malah diizinkan," kata Kemal Kilicdaroglu, Ketua Partai CHP.

Enis Berberoglu merupakan anggota legislatif pertama yang dijatuhi hukuman, setelah Pemerintah Turki mencopot kekebalan hukum anggota parlemen tahun 2016 lalu. Puluhan anggota parlemen pro-Kurdi telah ditangkap dan dijebloskan ke penjara karena dituduh mendukung kelompok teroris. Lebih dari 5 ribu orang juga dipenjara dengan tuduhan mendukung kelompok Fethullah Gulen.

Tags

 
x