Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 06:02 WIB

Perseteruan Keluarga PM Singapura Terbongkar

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 15 Juni 2017 | 11:58 WIB
Perseteruan Keluarga PM Singapura Terbongkar
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Singapura - Perseteruan antar-keluarga Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang tadinya dirahasiakan kini menjadi konsumsi publik.

Menurut The New York Times, hal itu terungkap setelah Lee Wei Ling dan Lee Hsien Yang, dua adiknya mengunggah pernyataan resmi di Facebook, Rabu (14/6/2017). "Kami merasa kakak kita sudah ke mana-mana," tulis Lee Hsien Yang, adik lelakinya, seraya menambahkan mereka berdua akan meninggalkan Singapura pada waktu mendatang.

Pernyataan di Facebook itu, disesalkan oleh Lee Hsien Loong. Pemimpin Singapura yang tengah berada di luar negeri itu, memberi tanggapan lewat akun Facebooknya. "Saya sangat kecewa melihat keluargaku mengungkapkan masalah keluarga kami di depan umum," tulis Lee Hsien Loong yang tengah berada di luar negeri. Sebagai kakak tertua, lanjut Hsien Loong, ia telah berupaya melakukan hal terbaik untuk menyelesaikan masalah keluarga ini, demi menghormati orang tuanya.

Pertengkaran keluarga Lee itu terpicu oleh perebutan sebuah rumah milik mendiang Lee Kuan Yew. Menurut Hsien Yang dan Wei Ling, ayahnya ingin agar rumah itu dibongkar saja. Namun, Lee Hsien Loong tidak setuju, dan rumah itu dijadikan semacam museum untuk generasi muda Singapura. Sengketa itu berbuntut panjang, karena Hsein Yang dan Wei Ling, kakaknya menuduh Hsien Loong ingin mempertahankan rumah tersebut sebagai monumen untuk tujuan politiknya.

Mereka menambahkan, Lee Hsien Loong dan istrinya sebagai CEO Temasek Holdings, mempersiapkan putranya menjadi Perdana Menteri Singapura. "Kami tidak yakin saudara kita, Hsien Loong layak sebagai pemimpin," kata Lee Hsien Yang, Ketua Otoritas Penerbangan Umum Singapura. Sedangkan Lee Wei Ling, adalah ahli bedah dan penasehat Institut Ilmu Saraf Nasional, Singapura.

Benarkah Lee Hsien Loong berambisi mempersiapkan putranya? Catherine Lim, komentator politik Singapura menjelaskan bahwa era Lee Kuan Yew sudah berlalu. "Tiba waktunya bagi Singapura untuk mencari pemimpin baru yang muda-muda," kata Lim. "Namun, konflik antar keluarga itu akan berkembang menjadi perseteruan yang bakal makin ramai di bulan-bulan mendatang," kata Lim.

Komentar

 
Embed Widget

x