Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 08:33 WIB

Lagi, Abu Bakar al-Baghdadi Dikabarkan Tewas

Oleh : Binar mp | Senin, 12 Juni 2017 | 16:11 WIB
Lagi, Abu Bakar al-Baghdadi Dikabarkan Tewas
facebook twitter

INILAHCOM, Baghdad - Pemimpin kelompok militan ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, kembali dikabarkan tewas dalam sebuah serangan udara.

Stasiun televisi pemerintah Suriah mengabarkan, Al-Baghdadi tewas dalam serangan udara terhadap Raqqa pada Sabtu (10/6/2017).

Kantor berita ISIS, Amaq, turut membenarkan terjadinya serangan udara tersebut dan membeberkan tingkat kerusakan yang dialami Raqqa.

Meski demikian, kabar kematian Al-Baghdadi ini memang bukan kali yang pertama.

Pada April lalu, Al-Baghdadi juga dikabarkan tewas setelah wakilnya Ayad al-Jumaili tewas dalam sebuah serangan udara.

Hanya berselang beberapa hari, sebuah dokumenter menyebut Al-Baghdadi berhasil menghindari penangkapan hanya beberapa menit sebelum tentara Irak tiba ke tempat persembunyiannya.

Pada Maret lalu, pasukan Irak dan AS meyakini Al-Baghdadi sudah kabur dari Mosul dan meninggalkan pasukanya menghadapi pasukan Irak.

Al-Baghdadi, yang kepalanya dihargai Rp340 miliar itu pada Juli 2014 di kota Mosul memproklamasikan berdirinya Kekalifahan yang wilayahnya mencakup Irak dan Suriah.

Kota terbesar kedua di Irak itu menjadi basis terkuat ISIS. Sejak delapan bulan lalu pasukan koalisi Irak menggelar operasi untuk merebut kembali kota itu dari tangan para militan.

 
x