Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Juni 2017 | 23:24 WIB

Menlu Iran Sebut Ucapan Duka Trump Menjijikan

Oleh : Binar mp | Kamis, 8 Juni 2017 | 19:37 WIB
Menlu Iran Sebut Ucapan Duka Trump Menjijikan
(Foto: AFP Photo/Bryan R. Smith)
facebook twitter

INILAHCOM, Teheran - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dengan berani menyebut ucapan bela sungkawa Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjijikan.

Zarif merujuk pada ucapan bela sungkawa dari Trump terkait serangan mematikan di Teheran, Rabu (7/6/2017), yang sedikitnya menewaskan 12 orang.

"Pernyataan bela sungkawa Gedung Putih yang menjijikkan. Orang-orang Iran menolak ajakan persahabatan dari AS," tulis Zarif di akun media sosial Twitter-nya, seperti dilansir dari Reuters.

Zarin nampaknya tersinggung karena Trump dalam ucapan bela sungkawanya Trump seolah menuduh Iran sebagai pendukung kelompok teroris, Negara Islam Irak dan Syam (ISIS).

"Saya mendoakan korban serangan yang di klaim oleh ISIS di Teheran Rabu (7/6/2017) lalu. Tetapi wajar untuk negara yang mendukung terorisme menjadi korban dari kejahatan yang mereka promosikan sendiri," ujar Trump saat itu.

Seperti diketahui, pengebom bunuh diri dan orang-orang bersenjata menyerang gedung parlemen Iran dan makam Ayatollah Khomeini. Akibat serangan itu, sedikitnya 13 orang tewas dan beberapa lain terluka.

Garda revolusi Iran menyebut bahwa Arab Saudi adalah dalang dari penyerangan ini.

"Serangan teroris ini terjadi selang seminggu setelah pertemuan antara presiden Amerika Serikat dan pemimpin Saudi yang memimpin teroris. Fakta bahwa ISIS mengklaim tanggung jawab serangan itu, semakin membuktikan bahwa mereka terlibat dalam serangan brutal itu," demikian pernyataan garda revolusi yang dilansir Rusia Today.

 
x