Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 22:51 WIB

Tokoh Revolusioner Kiri Jepang Ditangkap

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 8 Juni 2017 | 13:14 WIB
Tokoh Revolusioner Kiri Jepang Ditangkap
Masaaki Osaka - (Foto: AFP)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Pemerintah Jepang berhasil menangkap Masaaki Osaka, tokoh revolusioner sayap kiri Jepang yang membunuh petugas polisi saat aksi demonstrasi yang terjadi lebih dari 45 tahun lalu.

BBC.com mengabarkan Osaka dibawa dari Hiroshima ke Tokyo Rabu (7/6/2017). Masaaki Osaka yang kini berusia 67 tahun itu, ditangkap di sebuah apartemen di Hiroshima, milik kelompok Cukaku-ya, bulan lalu. Ini adalah kelompok Liga Komunis Jepang Revolusioner.

Osaka yang poster wajahnya telah lama beredar di Jepang itu, dituduh membunuh seorang petugas polisi saat kerusuhan aksi protes terjadi di kawasan Shibuya, Tokyo pada 1971. Kala itu, sejumlah pelajar dan aktivis lain memprotes perjanjian ratifikasi AS dan Jepang, penggunaan Okinawa sebagai basis militer AS.

Osaka menghantam kepala korban dengan pipa, dan membakarnya dengan bom Molotov, botol berisi bensin. Polisi memastikan jati diri Osaka, lewat sebuah tes DNA. Menurut kepolisian Jepang, Masaaki Osaka menjadi buronan selama puluhan tahun karena dibantu para simpatisan kelompok Liga Komunis Jepang Revolusioner, JRCL. Apalagi Osaka adalah bekas pejabat tinggi kelompok tersebut.

Kelompok JRCL yang didirikan pada 1950-an dikenal sebagai kelompok yang acapkali melakukan unjuk rasa dengan kekerasan di jalanan sepanjang 1960-an dan 1970. Pada umumnya JRCL menggelar protes menentang kehadiran militer AS di Jepang.

Tags

Komentar

 
x