Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 03:06 WIB

Wabah Flu Burung

Korea Selatan Musnahkan 120 Ribu Unggas

Oleh : Binar mp | Selasa, 6 Juni 2017 | 17:55 WIB
Korea Selatan Musnahkan 120 Ribu Unggas
(Foto: koreaexpose)
facebook twitter

INILAHCOM, Seoul - Korea Selatan memusnahkan sekitar 120.000 ekor unggas pada Selasa (6/6/2017) di pulau resor Jeju. Pemusnahan masal ini dilkukan saat Korea Selatan meningkatkan status waspada flu burung ke tingkat paling tinggi.

"Pemusnahan bisa dimulai di 26 peternakan hari ini," kata Park Sung-soon, pejabat yang menangani masalah itu di provinsi berpemerintahan sendiri Jeju kepada kantor berita Yonhap lewat sambungan telepon.

Sementara ini, para pejabat karantina sudah memusnahkan 38.000 ayam dan bebek di seluruh negeri, termasuk 10.400 di Jeju, sejak Jumat, ketika kasus dugaan flu burung dilaporkan di satu peternakan ayam di pulau itu.

Kementerian Urusan Pertanian, Pangan dan Perdesaan menyatakan pada Senin (5/6/2017) bahwa wabah tersebut, yang pertama dalam dua bulan di Korea Selatan, disebabkan oleh strain virus influenza H5N8 dengan patogenitas tinggi.

Virus flu unggas dengan tingkat patogenitas tinggi mengacu pada virus-virus yang menyebabkan penyakit parah dengan tingkat kematian tinggi pada unggas menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Sejauh ini, Korea Selatan telah melakukan pemusnahan unggas secara masal beberapa kali. Lebih dari 30 juta unggas untuk menanggulangi wabah flu burung paling buruk yang melanda negara itu pada November.

Negeri gingseng ini juga pernah memusnahkan sekitar 14 juta unggas pada 2014 untuk mengatasi wabah serupa.

 
x