Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 22:52 WIB

Jepang Nyalakan Reaktor Nuklir Kelima

Oleh : Binar mp | Selasa, 6 Juni 2017 | 17:38 WIB
Jepang Nyalakan Reaktor Nuklir Kelima
(Foto: Public Opinion)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Jepang kembali menyalakan satu reaktor nuklir lainnya pada Selasa (6/6/2017), dalam sebuah kemenangan kecil atas dorongan pro-atom pemerintah. Langkah itu tetap diambil meskipun terdapat penentangan dari masyarakat setelah bencana nuklir Fukushima pada 2011.

AFP melaporkan, pengoperasian kembali reaktor No. 3 di pembangkit listrik tenaga nuklir Takahama menambah jumlah reaktor yang beroperasi di Jepang menjadi lima, sementara puluhan lainnya masih dinonaktifkan.

Pembangkit listrik itu, yang dioperasikan Kansai Electric Power (KEPCO), berada di Prefektur Fukui, sekitar 350 kilometer sebelah barat Tokyo.

Reaktor dioperasikan kembali setelah operator menyalakan reaktor Takahama No. 4 bulan lalu, setelah pengadilan mengizinkan pengoperasiaannya, meskipun ada keluhan dari penduduk setempat mengenai masalah keamanan. Pengadilan juga memberi lampu hijau untuk menyalakan reaktor No. 3.

Jepang mematikan semua reaktor atomnya setelah gempa bumi dahsyat pada Maret 2011 memicu tsunami besar yang menyebabkan terjadinya bencana di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang menjadi bencana nuklir terburuk sejak Chernobyl pada 1986.

Komentar

 
x