Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 22:39 WIB

Jepang Gelar Latihan Antisipasi Ancaman Korut

Oleh : - | Selasa, 6 Juni 2017 | 03:03 WIB
Jepang Gelar Latihan Antisipasi Ancaman Korut
(Foto: Financial Express)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Ratusan warga sebuah kota pesisir kecil Jepang ambil bagian dalam latihan evakuasi Minggu (4/6/2017), seiring meningkatnya kekhawatiran bahwa rudal Korea Utara dapat menghantam negara itu.

Latihan di Kota Abu, sekitar 800 kilometer di sebelah barat Tokyo yang menghadap Laut Jepang, menyimulasikan serangan rudal balistik di pengunungan sekitar di prefektur Yamaguchi, tempat pangkalan Marinir AS berada, kata pejabat badan penanggulangan bencana.

Latihan digelar kurang dari sepekan setelah Korea Utara menguji coba rudal jarak pendek yang jatuh di dekat Jepang dalam uji coba rudal balistik ke-12 tahun ini, mengabaikan sanksi-sanksi peringatan PBB dan ancaman kemungkinan tindakan militer AS.

Tayangan televisi dari Kota Abu menunjukkan para pelajar bergandengan tangan saat mereka berlari ke sebuah gimnasium sekolah yang dijadikan sebagai pusat evakuasi setelah sirine dibunyikan pada Minggu pagi.

"Saya bisa tetap tenang dan dievakuasi dalam beberapa menit," kata Yuriko Suewaka (67), yang ada di antara 280 orang yang terlibat dalam latihan tersebut kepada Jiji Press.

Latihan itu diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan daerah itu mengikuti latihan serupa pada Maret di prefektur utara Akita.

Latihan serupa rencananya akhir bulan ini akan dilaksanakan di Yamagata dan Niigata, sebelah utara Tokyo, yang keduanya menghadap ke Laut Jepang, kata pejabat badan penanggulangan bencana.

"Pemerintah minta masyarakat setempat bersiap melaksanakan latihan evakuasi," katanya pejabat yang tak mau disebutkan namanya itu kepada AFP.

Ia menambahkan kota barat daya Onojo di prefektur Fukuoka juga menggelar latihan pada Minggu, mandiri dari pemerintah pusat.

 
x