Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 14:54 WIB

Bom Kabul Mungkin Didalangi Militan Haqqani

Oleh : Binar mp | Jumat, 2 Juni 2017 | 17:10 WIB
Bom Kabul Mungkin Didalangi Militan Haqqani
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Kabul - Pejabat Afghanistan menyebut pelaku bom besar dengan truk yang menewaskan lebih dari 100 orang dan mencederai lebih dari 400 di Kabul dilakukan oleh jejaring Haqqani yang berafiliasi dengan Taliban dan al-Qaida.

Jejaring Haqqani adalah sebuah kelompok militan yang berperang melawan pasukan Afghanistan dan Amerika. Haqqani dituduh melakukan kekerasan paling mematikan di Afghanistan, termasuk serangan terhadap kedutaan-kedutaan di Kabul, gedung parlemen dan penduduk Afghanistan serta pangkalan-pangkalan militer Amerika.

Jejaring ini didirikan oleh Jalaluddin Haqqani, mantan panglima pembrontakan anti Soviet. Haqqani pernah jadi Menteri Urusan Kesukuan ketika Taliban berkuasa di Afghanistan. Namun karena kesehatannya memburuk, putra Jalaluddin, Sirajuddin memimpin operasi jejaring ini. Khalil al-Rahman Haqqani adalah penggalang dana jejaring ini, dan dia dilaporkan terlibat dalam pelatihan dan distribusi senjata.

Kelompok ini berbasis di Miram Shah, di Pakistan utara dan disana jejaring ini mengoperasikan kamp-kamp untuk melakukan kegiatan, termasuk pembelian senjata, pelatihan pembom bunuh diri, dan perencanaan logistik untuk operasi militer. Kabul dan pejabat Amerika sejak lama menuduh Intelijen Pakistan atau ISI secara diam-diam memberikan perlindungan kepada Jejaring Haqqani dan Taliban. Pakistan membantah hubungan ini.

Komentar

 
Embed Widget

x