Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 08:28 WIB

Afghanistan Serahkan Sekolah Gullen ke Turki

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 1 Juni 2017 | 13:52 WIB
Afghanistan Serahkan Sekolah Gullen ke Turki
(Foto: Firenews)
facebook twitter

INILAHCOM, Kabul - Pemerintah Afghanistan akan menyerahkan pengawasan 16 sekolah yang berafiliasi dengan Fethullah Gullen, ke tangan Pemerintah Turki.

The Guardian mengabarkan Rabu (31/5/2017), penyerahan pengawasan itu dilakukan Pemerintah Kabul, dengan imbalan Wapres Afghanistan Abdul Rashid Dostum, yang dituduh menyiksa lawan politiknya, bisa mendapatkan suaka politik di Turki. Selain menyiksa lawan politiknya, Abdul Rashid Dostum yang terkenal pemabuk dan telah melarikan diri ke Turki sejak pertengahan Mei silam, juga dituduh terlibat dalam sejumlah kasus perkosaan.

Badan non-profit Afghan-Turk CAG Educational, ATCE pimpinan Fethullah Gulen mendirikan 16 sekolah di seluruh Afghanistan. Sekolah-sekolah yang didirikan Gulen - tokoh oposisi Turki yang hidup di pengasingan di Pennsylania, AS - dikenal sebagai sekolah paling baik di seluruh Afghanistan. Sekolah yang mengajarkan ilmu matematika dan Bahasa Inggris tersebut, menjadi sekolah andalan karena hampir 100% para lulusannya diterima perguruan tinggi Afghanistan dan luar negeri. Dan, 30% dari 8 ribu muridnya terdiri dari pelajar putri.

Bulan ini, Pemerintah Afghanistan pimpinan Presiden Ashraf Ghani, membentuk komisi yang akan menyusun memorandum. Isinya, antara lain membubarkan ATCE dan menyerahkan kepemimpinan ke-16 sekolah bereputasi tinggi itu ke tangan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Hal ini dimungkinkan, karena hubungan pemimpin kedua negara sangat dekat.

Banyak pihak menyayangkan langkah Presiden Ashraf Ghani itu. "Kami berharap presiden bertindak sesuai hukum yang berlaku. Tidak ada alasan kuat, kami dibubarkan," ujar Ahmad Fawad Haydari, Wakil Presiden ATCE. Sementara itu, 900 staf dan guru ACTE yang mayoritas warga Afghanistan, merasa kawatir bakal diberhentikan.

 
x