Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 22:34 WIB

Bekas Direktur FBI Beri Kesaksian Pekan Depan

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 1 Juni 2017 | 12:25 WIB
Bekas Direktur FBI Beri Kesaksian Pekan Depan
Bekas direktur FBI, James Comey - (Foto: RedState)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington DC - Bekas direktur FBI, James Comey berniat memberi kesaksian secara terbuka tentang tuduhan bahwa Donald Trump menekan dirinya agar menghentikan investigasi hubungan Rusia dan salah satu pembantu Trump.

CNN mengabarkan Rabu (31/5/2017), Comey dijadwalkan akan bersaksi di Senat pekan depan. Belum ditentukan hari dan tanggalnya, karena menurut sumber CNN detil finalnya masih dibicarakan dengan berbagai pihak, agar tidak melanggar hukum.

Sumber itu juga menjelaskan, Comey juga berbicara empat mata dengan Robert Mueler III, bekas Direktur FBI yang kini diangkat menjadi Dewan Penasehat. Keduanya membicarakan rambu-rambu mana saja yang tidak boleh dilanggar, saat memberi kesaksian di Senat. Usai bersaksi di Senat nanti, Comey juga akan duduk bersama dengan Mueller.

Dalam kesaksian itu, Comey tampaknya tidak akan menguraikan secara detil hasil investigasi yang dilakukan FBI tentang keterlibatan Rusia dan para pembantu Trump. Namun, Comey dipastikan akan mengungkap ketegangan yang terjadi antara Comey dengan Donald Trump sebelum ia diberhentikan sebagai Direktur FBI.

Sejak diberhentikan bulan lalu, muncul sejumlah berita tentang konfrontasi antara Comey dan Trump, yang disiarkan sejumlah harian kondang seperti The New York Times dan stasiun televisi CNN. Juga berita tentang catatan memo yang ditulis Comey saat Trump memaksa agar investigasi keterlibatan Rusia dihentikan.

Sepekan sebelum diangkat menjadi Direktur FBI, Januari silam, Trump pernah meminta agar Comey setia pada Trump, apabila tetap ingin menduduki jabatan sebagai Direktur FBI. Dalam kesempatan itu, Trump meminta Comey agar menghentikan pengusutan atas Michael Flynn, bekas penasehat nasional Trump.

"'Pada intinya, Comey akan memberikan kesaksian. Dan dia tampaknya senang bisa bersaksi dan siap bekerjasama dengan Senat," kata sumber CNN itu.

 
x