Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 22:40 WIB

Atasi Dampak Bencana

Sri Lanka Minta Bantuan Internasional

Oleh : - | Minggu, 28 Mei 2017 | 19:20 WIB
Sri Lanka Minta Bantuan Internasional
(BBC)
facebook twitter

INILAHCOM, Kolombo - Jumlah korban tewas akibat banjir dan tanah longsor di Sri Lanka bertambah menjadi 122 orang. Negara itu pun mengajukan permintaan bantuan internasional untuk mengatasi dampak bencana.

Pusat penanggulangan bencana pemerintah mengatakan bahwa 97 orang masih dinyatakan hilang setelah hujan deras terburuk sejak 2003 melanda, lansir Reuters.

Baca juga: Banjir dan Longsor Landa Sri Lanka, 91 Tewas

Kementerian Luar Negeri menyatakan berkoordinasi dengan Kementerian Penanggulangan Bencana untuk mengajukan permintaan bantuan ke PBB dan negara tetangga guna mendukung penanganan bencana, khususnya dalam hal operasi pencarian dan penyelamatan.

India mengirim tiga kapal Angkatan Laut dengan persediaan dan bantuan lainnya. Kapal pertama telah tiba di Kolombo pada Sabtu malam (27/5/2017).

Pejabat terkait mengatakan bahwa kematian dilaporkan terjadi di distrik Kalutara, distrik Ratnapura dan distrik Matara.

Militer dan regu penyelamat Sri Lanka telah mengerahkan beberapa kapal dan helikopter, namun para pejabat mengatakan bahwa akses ke beberapa daerah sangat sulit.

Hujan awal musim penghujan memaksa banyak keluarga meninggalkan rumah mereka dan mempengaruhi lebih dari 415.618 orang di seluruh negeri.

Juru bicara kepolisian Priyantha Jayakody mengatakan bahwa beberapa kasus tanah longsor dilaporkan terjadi di Kalutara, Ratnapura, dan Matara.

Juru bicara militer Roshan Senevirathne mengatakan sekitar 2.000 personel militer telah dikerahkan untuk membantu polisi dan badan sipil.

 
x