Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 22:33 WIB

Hezbollah Sarankan Saudi Negosiasi dengan Iran

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 27 Mei 2017 | 14:27 WIB
Hezbollah Sarankan Saudi Negosiasi dengan Iran
(Foto: NY Daily News)
facebook twitter

INILAHCOM, Beirut - Kelompok Hezbollah Lebanon memperingatkan bahwa Arab Saudi sedang menuju ke arah pertumpahan darah melawan Iran.

Kantor berita Reuters mengabarkan hal itu diutarakan Sayyed Hassan Nasralah Jumat (26/5/2017). Pemimpin Hezbollah itu menyatakan Riyadh bermaksud menarik AS ke dalam perseteruan Saudi dengan Iran, dengan menanda tangani perjanjian pembelian peralatan militer AS sebesar US$110 miliar.

"Saya sarankan kepada Saudi agar mengesampingkan peperangan, kebencian dan pertikaian. Satu-satunya solusi bagi warga Muslim di seluruh kawasan adalah berdialog dan bernegosiasi dengan Iran," kata Nasralah. Menurutnya, membeli senjata miliaran dolar makin banyak menumpahkan darah. "Dan kalian yang akan kalah. Kalian bakal kalah!" teriaknya di depan televisi.

Persaingan antara Arab Saudi dan Iran menyebabkan konflik di kawasan Timur Tengah, termasuk perang di Suriah. Sayap militer kelompok Hezbollah memainkan peranan penting mendukung pemerintahan Presiden Bashar al Assad.

Kelompok Hezbollah yang dibentuk tahun 1982 oleh Garda Revolusi Iran, dimaksudkan untuk melawan tentara Israel yang melakukan invasi militer ke Lebanon. Sayyed Hassan Nasralah mengeluakan peringatan itu, bersamaan dengan peringatan penarikan mundur 2000 pasukan Israel dari Lebanon. Ketegangan antara Israel dan Hezbollah makin meningkat belakangan ini, sejak perang besar tahun 2006 lalu. Sayyed Hassan Nasralah juga mengancam, konflik yang terjadi di masa datang akan terjadi di dalam wilayah Israel.

 
x