Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 03:13 WIB

Patung Hugo Chavez Jadi Sasaran Amuk Massa

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 24 Mei 2017 | 11:15 WIB
Patung Hugo Chavez Jadi Sasaran Amuk Massa
(Foto: Toronto Star)
facebook twitter

INILAHCOM, Caracas - Para demonstran anti pemerintah, kini menjadikan sasaran kemarahan pada patung-patung Hugo Chavez, yang banyak dibangun di sejumlah kota di Venezuela.

Associated Press mengabarkan Selasa (23/5/2017) massa yang marah akibat krisis ekonomi berkepanjangan, menghancurkan dan menjatuhkan monumen serta patung bekas presiden Venezuela. Sedikitnya sejumlah patung Chavez di lima kota, dihancurkan dalam sebulan terakhir ini.

Insiden terakhir terjadi di sebelah Barat Kota Barinas, Senin kemarin. Aksi protes yang semula berlangsung damai, berubah menjadi aksi kekerasan. Sebuah rumah yang pernah dihuni Chavez semasa kecil, dibakar dan dihancurkan. Sedikitnya tiga orang tewas dalam kerusuhan itu dan 50 orang lainnya luka-luka. Seperti diketahui, setelah Hugo Chavez meninggal tahun 2013, Presiden Nicolas Maduro membangun sejumlah monumen dan patung di kota-kota Venezuela. Ratusan patung berukuran kecil juga ditempatkan di sejumlah bangunan milik pemerintah.

Di Kota Villa del Rosario misalnya, para demonstran meruntuhkan dan membakar patung Chavez. Di kota lain, patung bekas pemimpin Venezuela itu tinggal kakinya saja, karena badannya terpenggal. "Mereka melampiaskan kemarahan dan kekecewaannya," tutur Joni Cermeno, perempuan pengusaha di Pariaguan.

Enam belas orang ditahan di Villa de Rosario karena ketahuan menghancurkan patung Chavez dan diadili di pengadilan militer. Menurut Laura Valbuena, pengacaranya, ke-16 tertuduh itu dikenai dakwaan memberontak dan menghina pejabat negara, dan diancam hukuman 27 tahun penjara. "Mereka ingin menghapus segala sesuatu yang berbau Chavez," kata Jaquelin Perdomo yang bekerja di kantor walikota Caracas.

 
x