Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 Juli 2017 | 01:31 WIB

Trump ke Israel, Ingin Tengahi Konflik Palestina

Oleh : Binar mp | Senin, 22 Mei 2017 | 15:20 WIB
Trump ke Israel, Ingin Tengahi Konflik Palestina
Presiden AS Donald Trump - (ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Tel Aviv - Setelah menyudahi lawatan perdananya ke Arab Saudi, Presiden AS Donald Trump hari Senin (22/5/2017) melanjutkan kunjungan resminya ke Israel.

Pada kunjungan itu, Trump bertekad untuk menengahi proses perdamaian yang panjang dan rumit antara Israel dan Palestina.

Jadwal Trump termasuk perundingan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan upacara peletakan karangan bunga di pusat peringatan Holocaust Yad Vashem.

Dia juga akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan akan menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi Tembok Barat, situs Judaisme tersuci.

Trump, yang membanggakan diri sebagai perunding handal, telah menyebut perdamaian antara Israel dan Palestina sebagai 'perjanjian terpenting'. Tapi sejak menjadi presiden, dia jarang memberikan isyarat mengenai bagaimana untuk meraih perjanjian itu.

Trump mengatakan sewaktu kampanye pilpres bahwa cara terbaik untuk merundingkan perjanjian adalah mengambil pendekatan yang disebutnya 'obyektif' terhadap isu-isu serius dan sangat emosional yang menjauhkan kedua pihak.

Tapi dia telah mengatakan pembangunan permukiman Israel yang berkelanjutan di wilayah sengketa tidak akan membantu proses perdamaian, demikian lapor VOA News.

Dia juga tidak segera mewujudkan janjinya untuk memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Belum ada perundingan perdamaian penuh sejak 2014.

 
x