Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 September 2017 | 03:06 WIB

Kerusuhan di Venezuela Sudah Tewaskan 42 Orang

Oleh : - | Kamis, 18 Mei 2017 | 01:40 WIB
Kerusuhan di Venezuela Sudah Tewaskan 42 Orang
(CNN)
facebook twitter

INILAHCOM, Caracas - Jumlah korban tewas dalam gelombang kerusuhan antipemerintah selama enam pekan terakhir di Venezuela terus bertambah dan kini menjadi 42 orang, demikian menurut kantor kejaksaan negara setelah mengumumkan tiga kematian terbaru pada Selasa (16/5/2017) waktu setempat.

Reuters melansir, seorang polisi ditangkap atas dugaan keterlibatannya dalam pembunuhan seorang pengemudi taksi berusia 33 tahun, yang ditembak di dekat perbatasan dengan Tachira.

Sementara seorang pemuda berusia 17 tahun yang ditembak di kepalanya saat melakukan demonstrasi di negara bagian Barinas pada Senin (15/5/2017), dinyatakan tewas pada Selasa pagi.

"Sekelompok orang datang dan mulai menembak, melukai pemuda di bagian kepalanya," kata pihak jaksa penuntut menerangkan sebab kematian remaja yang tidak disebutkan namanya itu.

Korban lainnya, yang namanya dan usianya juga tidak disebutkan, tewas dalam aksi protes di San Antonio, menurut pihak berwenang.

Kerusuhan pecah di berbagai belahan negara bagian di Venezuela pada Senin sebagai aksi yang mengupayakan penghapusan pemerintahan Sosialis.

Ratusan ribu orang turun ke jalan dalam beberapa pekan terakhir, mereka marah karena kekurangan pasokan makanan, krisis obat-obatan, dan meningkatnya inflasi.

Pengunjuk rasa menuntut pemilihan umum, pembebasan bagi para pegiat yang dipenjara, bantuan luar negeri untuk mengimbangi krisis ekonomi dan otonomi untuk badan legislatif yang dikuasai oposisi.

Presiden Nicolas Maduro menyalahkan oposisi atas krisis negara yang telah terjadi pada semua sisi. Dia menuduh lawan-lawan politiknya mencoba menggulingkan pemerintahan yang sah dalam sebuah kudeta yang dibekingi oleh AS.

Sedikitnya 90 orang ditangkap dalam kerusuhan pada Senin, demikian menurut kelompok hak asasi setempat.

 
x