Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Agustus 2017 | 02:14 WIB

Singapura Beli Dua Kapal Selam Jerman

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 17 Mei 2017 | 16:01 WIB
Singapura Beli Dua Kapal Selam Jerman
(Foto: todayonline)
facebook twitter

INILAHCOM, Singapura - Pemerintah Singapura dan Jerman menanda tangani kontrak pembelian dua buah kapal selam bikinan Jerman jenis 218SG, Selasa (16/5/2017).

The Straits Times mengabarkan, pembelian itu diumumkan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, di acara International Maritime Defense Exhibition. "Di negara yang mapan, empat kapal selam 218SG merupakan perlengkapan bagi pemeliharaan, logistik dan operasi," kata Ng Eng Hen.

"Sekaligus menjadi kemampuan lebih baik untuk melindungi jalur komunikasi," lanjutnya, di hadapan para tamu dan pejabat Singapura serta wakil ThyssenKrupp Marine System, produser kapal selam itu. "Dengan demikian, Singapura kini memiliki empat kapal selam," tulis situs berita Today Online yang terbit di Singapura.

Empat kapal selam yang dimiliki Singapura itu, untuk mengganti empat kapal selam model lama buatan Swedia. Dua kapal selam tambahan dari Jerman itu, dijadualkan akan diserahkan sebelum tahun 2024. Tidak disebutkan berapa harga masing-masing mesin militer itu. Namun sejumlah ahli senjata memperkirakan dua kapal selam itu bernilai total US$1,1 miliar.

Seperti ditulis The Straits Times, Menteri pertahanan Ng Eng Hen menguraikan lebih dari 50% lalu lintas peti kemas dunia melewati Asia Pasifik. Singapura mengalami peningkatan hingga 20% dalam dekade belakangan, dari 480 juta ton pada 2006 meningkat hingga 600 juta ton tahun lalu. Untuk melindungi kepentingan itulah, negara-negara ASEAN, Australia, China dan India meningkatkan anggaran pertahanan lautnya yang diperkirakan naik hingga 60% pada 2020 mendatang.

"Singapura ikut menjadi bagian dari patroli bersama di Selat Malaka dan memberikan bantuan dalam aksi patroli bersama dengan Malaysia, Indonesia dan Filipina di Selat Sulu untuk menanggani kasus-kasus keamanan," tutur Ng Eng Hen.

 
x