Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 21:45 WIB

Presiden China dan Turki Lakukan Pertemuan

Oleh : Binar MP | Senin, 15 Mei 2017 | 19:33 WIB
Presiden China dan Turki Lakukan Pertemuan
(Foto: chinaandthemiddleeast)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - Presiden China Xi Jinping dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan pertemauna di sela-sela KTT One Belt and Road Forum for International Cooperation, Minggu (14/5/2017).

Pertemuan itu dilakukan untuk meningkatkan kerjasama dalam usaha kontra-terorisme. Ajakan itu dilakukan ketika kedua kepala negara mengadakan pertemuan bilateral di Kota Beijing, China.

Kementerian Luar Negeri China mengklaim, Xi menuturkan kepada Erdogan mengenai perlunya pengembangan kerjasama strategis yang menjadi kepentingan kedua negara.

"Demi mempromosikan pengembangan hubungan yang lebih besar lagi, China dan Turki harus menghormati serta mempertimbangkan masalah inti masing-masing, dan memperdalam kerjasama keamanan serta kontra-terorisme," ujar pihak Kemlu China terkait percakapan Xi-Erdogan.

Kemungkinan dalam pertemuan itu juga dibahas keterlibatan warga etnis Uighur dalam sejumlah aktivitas kelompok militan. Warga Uighur disebut kerap melarikan diri dari wilayah Xinjiang ke Turki mengingat Ankara membuka pintunya untuk para warga Uighur.

Hal tersebut dikabarkan tidak mendapatkan persetujuan dari China. Negeri Tirai Bambu mengklaim, warga Uighur yang kabur dari Xinjiang acap kali berakhir dengan mereka bergabung ke kelompok militan di Irak dan Suriah.

Duta Besar Suriah untuk China juga menyatakan, setidaknya ada 5.000 warga Uighur yang saat ini beraktivitas bersama sejumlah kelompok militan Suriah, demikian lansir Reuters.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x