Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 22:54 WIB

Wabah Kolera Tewaskan 115 Orang di Yaman

Oleh : Binar MP | Senin, 15 Mei 2017 | 15:26 WIB
Wabah Kolera Tewaskan 115 Orang di Yaman
(Foto: NTB scanpix)
facebook twitter

INILAHCOM, Sanaa - Wabah Kolera yang melanda Yaman menewaskanm sedikitnya 115 orang sejak 27 April 2017. Pemerintah Yaman juga telah memberlakukan status darurat nasional.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Yaman meminta organisasi kemanusiaan dan yayasan donor lainnya untuk membantu menghentikan penyebaran kolera.

Penyebaran wabah kolera sejak beberapa pekan lalu adalah yang kedua kalinya menimpa Yaman dalam kurun waktu setahun terakhir.

"Kami sekarang menghadapi masalah serius penyebaran wabah kolera," ujar Direktur Operasional Komite Internasional Palang Merah (ICRC), Dominik Stillhart, dalam konferensi pers di Sanaa, seperti dilansir Russia Today.

Kondisi itu juga semkain diperparah akibat sedikit fasilitas medis yang masih beroperasi dengan normal di Yaman dan dua per tiga populasi Yaman tidak mendapatkan akses terhadap air minum yang layak dikonsumsi.

Diketahui, Ibukota Sanaa menjadi wilayah yang paling parah terkena wabah kolera.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan, 7,6 juta warga Yaman tinggal di area yang berisiko tinggi penyebaran wabah kolera. Sedikitnya 17 dari 26 juta warga mengalami krisis pangan yang semakin menambah parah keadaan.

Yaman masih mengalami perang antara milisi Houthi dengan koalisi yang dipimpin Arab Saudi. Lebih dari 10 ribu orang tewas sejak perang meletus pada 2015.

Tags

Komentar

 
x