Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 05:32 WIB

Presiden Zimbabwe Tidur di Forum Ekonomi Dunia?

Oleh : Binar MP | Jumat, 12 Mei 2017 | 16:13 WIB
Presiden Zimbabwe Tidur di Forum Ekonomi Dunia?
(Foto: Sebastien Rieussec/AFP/Getty Images)
facebook twitter

INILAHCOM, Harare - Juru bicara Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menepis kabar bahwa presiden tertidur dalam forum ekonomi dunia.

Jubir itu mengatakan, bahwa presiden berusia 93 tahun itu tidak tertidur saat menutup matanya untuk waktu yang lama di acara-acara publik, tetapi sedang mengistirahatkan matanya dari cahaya terang, kata juru bicaranya.

Mugabe kerap kali menutup matanya dalam beberapa kesempatan baru-baru ini, termasuk saat dia menghadiri panel diskusi di pertemuan Forum Ekonomi Dunia pekan lalu di Afrika Selatan.

"Saya merasa gagal jika ada pemberitaan bahwa presiden tertidur dalam konferensi, tidak," kata juru bicaranya George Charamba, dikutip surat kabar pemerintah Herald, yang dilansir AFP.

"Di usia 93 tahun, ada sesuatu yang terjadi pada matanya dan presiden tidak tahan dengan cahaya terang. Jika Anda memerhatikan ketenangannya, dia melihat ke bawah, menghindari pencahayaan langsung," sambungnya.

Charamba menyamakan Mugabe dengan Nelson Mandela, yang matanya sangat sensitif terhadap lampu kilat kamera setelah bertahun-tahun bekerja di tambang batu kapur saat dipenjara di Pulau Robben.

"Anda tidak diizinkan menggunakan kilatan (kamera) saat dia berada di ruangan," kata dia.

Mugabe, yang memiliki masalah berjalan tanpa bantuan, saat ini berada di Singapura untuk menjalani perawatan medis rutin.

Charamba mengatakan presiden menjalani perawatan khusus untuk matanya, dan secara umum kesehatannya baik.

Tags

Komentar

 
x