Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 14:00 WIB

Kelompok Peretas Bocorkan Sejumlah Dokumen Macron

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 6 Mei 2017 | 15:59 WIB
Kelompok Peretas Bocorkan Sejumlah Dokumen Macron
(Foto: Regis Duvignau)
facebook twitter

INILAHCOM, Paris - Sejumlah besar surat elektronik milik Emmanuel Macron, kandidat presiden Prancis, tersebar di dunia maya setelah diserang peretas tak dikenal.

Deutsche Welle mengabarkan Jumat (5/5/2017), tim kampanye Macron mengungkapkan serangan yang cukup masif dan terorganisasi berhasil membobol server komputer kubu Macron. Menurut tim itu, serangan itu terjadi sejak beberapa pekan lalu, dan kini beredar luas di linimasa. Tim kampanye itu juga menjelaskan, sejumlah dokumen palsu dicampurkan dalam dokumen kampanye Macron. "Siapapun pelakunya berniat memberikan informasi salah dan keraguan" terhadap Macron menjelang pemilu presiden Prancis, Ahad besok.

Belum diungkap, isi dokumen yang dibocorkan keluar itu. Namun sejumlah data sebesar 9 gigabite diposkan oleh seseorang dengan nama 'Emileaks' di situs Pastebin. "Wikileaks memasang tautan dokumen yang dibocorkan itu di akun Twitter dan menjelaskan, dokumen itu berisi puluhan ribu email, foto-foto dan lampiran bertanggal 27 April 2017," tulis Wikileaks. "Tapi kami tidak bertanggung jawab atas kebocoran itu," bunyi Wikileaks.

Wikileaks juga meragukan isi dokumen yang dibocorkan itu mempengaruhi opini publik, dan berdampak pada hasil Pemilu presiden Prancis.

Bulan lalu, sebuah perusahaan keamanan komputer bernama Trend Micro melaporkan, sebuah kelompok peretas yang menjadi bagian unit intelijen Rusia, bermaksud merangsek komputer tim Macron. "Tampaknya kelompok yang sama itu juga yang meretas kubu Partai Demokrat AS, sebelum pemilu presiden AS usai," bunyi laporan Trend Micro.

Komentar

 
x