Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 14:01 WIB

Pejuang Asing Ramai-ramai Eksodus Tinggalkan ISIS

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 27 April 2017 | 11:33 WIB
Pejuang Asing Ramai-ramai Eksodus Tinggalkan ISIS
(Foto: theguardian)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Sejumlah gerilyawan asing meninggalkan kelompok militan ISIS dan mencoba masuk ke Turki untuk kembali ke negaranya masing-masing.

The Guardian melaporkan Rabu (26/4/2017) di antara para gerilyawan yang eksodus itu, termasuk Stefan Aristidou dari Enfield, Utara London yang kembali bersama istrinya. Ada pula Kary Paul Kleman, warga AS dari Florida yang menyerahkan diri di perbatasan Turki pekan lalu, setelah bergabung bersama ISIS selama dua tahun. Belasan lainnya yang ikut melarikan diri, ditangkap saat melintasi perbatasan Turki.

Seorang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Inggris menjelaskan, pihaknya akan mengontak Pemerintah Turki, untuk membicarakan warganya yang ditahan di perbatasan. Bila diekstradisi pulang ke Inggris, kedua bekas simpatisan ISIS itu bakal terancam hukuman seumur hidup di bawah akta terorisme.

Stevan Aristidou yang diperkirakan berusia 20 tahun, menyerahkan diri ke perbatasan Kilis selatan Turki. Bersama istrinya, keturunan Bangladesh, Stevan dikabarkan hilang April 2015, setelah terbang ke Larnaca, Cyprus. Stevan Aristidou diduga tinggal di Raqqa dan al-Bab, dan tidak ikut berperang membela ISIS. Pasangan suami istri ini ditangkap pasukan Turki awal tahun ini, setelah Kota Al-Bab yang menjadi markas ISIS, ditinggalkan kelompok militan tersebut.

Sedangkan Kary Paul Kleman memeluk agama Islam setelah bercerai dengan istri pertamanya. Kary lalu pindah ke Mesir pada 2011 dan menikah dengan perempuan Mesir. Usai perkawinan keduanya kandas, Kary pindah ke Dubai dan menikah dengan istrinya yang ketiga, asal Suriah. Mereka dikaruniai tiga anak dan Kleman bekerja sebagai ahli IT di sebuah sekolah di Dubai.

Komentar

 
x