Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 07:06 WIB

China Luncurkan Kapal Induk Bikinan Sendiri

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 27 April 2017 | 11:02 WIB
China Luncurkan Kapal Induk Bikinan Sendiri
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - China meluncurkan kapal induk bikinan sendiri, Rabu (26/4/2017) di tengah ketegangan di Laut China Selatan antara negara-negara ASIA, dan masalah Korea Utara.

Seperti dikutip media massa resmi lokal, sejumlah ahli militer China mengungkapkan, kapal induk yang dibangun di Dermaga Dalian itu, baru akan dioperasikan pada tahun 2020. "Menunggu dipersenjatai dan disempurnakan lagi," kata seorang ahli militer di Beijing. Para analis Barat menjelaskan, Pemerintah Beijing sejak lama telah menerbitkan gambar satelit tentang kapal induk itu.

"Peluncuran kapal induk tersebut menunjukkan konstruksi dan disainnya dilakukan secara bertahap," tulis kantor berita Xinhua. Stasiun televisi lokal menyiarkan gambar kapal induk yang dipasangi bendera merah di atas geladaknya, tengah ditarik beberapa kapal tunda. Lalu, Fan Changlong, wakil ketua Komisi Militer China, meresmikan peluncuran kapal induk itu, dengan memecahkan botol sampanye di haluan kapal.

Sejumlah pejabat militer China yang dikutip media massa setempat, mengungkapkan bahwa China membutuhkan sedikitnya enam kapal induk. Sejauh ini, China baru memiliki satu kapal induk bernama Liaoning, yang dibeli dalam kondisi bekas dari Ukraina pada 1998. Kelak, kapal induk baru itu, mampu membawa jet tempur Shenyang J-15.

Kapal Induk Liaoning pernah ambil bagian dalam berbagai latihan militer, termasuk di Laut China Selatan. Namun Liaoning hanya berperan sebagai kapal angkut biasa. Sedangkan kapal induk yang baru, akan digunakan untuk operasi militer dan kemanusiaan.

 
x