Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 05:26 WIB

Grup Penulis Naskah Hollywood Bakal Mogok Kerja

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 18 April 2017 | 17:30 WIB
Grup Penulis Naskah Hollywood Bakal Mogok Kerja
(Foto: Monica Almeida/The New York Times )
facebook twitter

INILAHCOM, Hollywood - Kelompok penulis naskah film dan televisi Hollywood yang beranggotakan 12 ribu orang, dijadwalkan melakukan mogok kerja bila kontrak kerja dengan produser film dan studio tidak tercapai 1 Mei nanti.

The New York Times mengabarkan, pemungutan suara yang berakhir Senin (17/4/2017) bisa dipastikan akan mengajak para penulis skenario melakukan walk-out alias mogok kerja. Dan, Los Angeles, kota pusat perfilman AS akan menderita kerugian hingga 2,5 miliar lebih, karena berbagai sebab. Kegiatan syuting film akan berhenti, para penata panggung, perusahaan penyedia makanan, pengemudi limo dan perajin lain, akan terhenti. Penulis naskah akan menganggur karena kering order.

Sejak pekan lalu, kelompok insan perfilman ini melakukan negosiasi untuk meningkatkan pendapatan, dengan para produser hiburan. Ada kabar mereka menuntut kenaikan gaji hingga 20% dan tunjangan kesehatan. Tuntutan itu dilayangkan setelah mereka menemukan bukti bahwa Leslie Moonves direktur eksekutif stasiun televisi CBS menerima paket gaji sebesar $ 69,6 juta pada 2016, atau naik 22%.

Para penulis skenario film dan televisi itu kesal, karena produksi hiburan semakin banyak. Tercatat 300 tayangan dalam satu episode atau kenaikan sekitar 40% dibanding dua tahun sebelumnya. Tapi mereka dibatasi dan hanya menerima beberapa order penulisan antara 10 sampai 13 penulisan naskah. Jauh merosot ketimbang 22 sampai 24 naskah tahun sebelumnya.

Sebaliknya, perusahaan film dan televisi mengaku mengalami masa depan suram. Konsumen tak bersedia lagi menjadi pelanggan saluran kabel karena lebih suka menonton acara gratis. Penyelenggara saluran televisi banyak menawarkan acara tanpa iklan, dan pengunjung bioskop pun semakin berkurang.

Tags

 
x