Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 22:01 WIB

Bila Diserang, Korut Bakal Culik Warga Asing

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 18 April 2017 | 16:32 WIB
Bila Diserang, Korut Bakal Culik Warga Asing
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jon-un punya rencana besar apabila ketegangan dengan AS semakin memuncak.

FOX News mengabarkan Senin (17/4/2017), hal itu diungkapkan Ung-gil Lee, pembelot Korut yang pernah bertugas menjadi anggota tim penyerangan yang dinamakan Korps Badai ke-11. Kepada harian Inggris, The Mail, Ung-gil menuturkan satuan unit itu, dilatih dan dipersiapkan untuk melakukan aksi pembalasan apabila diserang AS. Yakni, menculik para turis asing, diplomat dan pengusaha asing.

Pembelot Ung-gil Lee menyebutkan, aksi penculikan itu merupakan salah satu bagian kegiatan dari Korps Badai ke-11. Selain itu, satuan tersebut yang menyandang ''Misi Bunuh Diri'' itu, juga akan melakukan serangan menggunakan senjata tradisional dan bahan kimia untuk menangkap dan menculik warga asing.

Menurut Michael Malice, penulis buku biografi Kim Jong-il, laporan itu sesuai dengan temuannya tentang rezim Korut yang disebut rezim misterius. "Korea Utara sebenarnya telah menculik banyak orang dengan berbagai alasan," ujar Michael Malice, penulis buku 'Dear Reader: The Unauthorized Autiboigraphy of Kim Jong Il'. "Mereka sering mengirim orang ke Korea Selatan untuk membunuh orang," sambungnya.

Aksi penculikan itu pernah diakui Kim Jong Il pada 2002. Bekas pemimpin Korut itu menyalahkan satuan khususnya, yang melakukan penculikan tahun 1970-an dan 1980-an. Termasuk penculikan terhadap bocah Korea Selatan berusia 13 tahun yang baru pulang main badminton, juru masak, dan pasangan yang baru menikah dan seorang pramuria kelab malam.

Dan yang paling terkenal, adalah kasus penculikan Choi Eun-hee dan Shin Sang-ok, pasangan bintang film dan sutradara Korea Selatan di Hong Kong pada 1977. Keduanya diculik ke Korea Utara untuk membantu membangun industri film. Mereka sempat ditahan selama 8 tahun sebelum akhirnya berhasil melarikan diri dan mengungkap kisah penculikan itu.

Komentar

 
Embed Widget

x