Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 29 Mei 2017 | 10:55 WIB

Gedung Putih Tak Mau Ungkap Daftar Pengunjungnya

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 15 April 2017 | 23:31 WIB
Gedung Putih Tak Mau Ungkap Daftar Pengunjungnya
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington DC - Pemerintah Donald Trump tidak bersedia mengumumkan daftar nama pengunjung dan tamu negara yang mengunjungi Gedung Putih.

Associated Press mengabarkan Jumat (14/4/2017), hal itu dilakukan demi keamanan nasional dan privasi para pengunjung. Padahal, daftar pengunjung tersebut sangat penting, untuk memonitor siapa saja dan kelompok mana yang mencoba mempengaruhi kebijaksanaan Gedung Putih. Selain itu, langkah itu dilakukan untuk mengembalikan etika di Washington. "Di antaranya melarang upaya lobi yang dilakukan di Parlemen," tutur Michael Dubke, Direktur Komunikasi Gedung Putih.

Namun hal itu dikecam banyak pihak, terutama kelompok advokasi dan pemerhati pemerintah AS. Kelompok Judicial Watch, sebuah organisasi konservatif akan menuntut Pemerintah Trump untuk mengumumkan daftar pengunjung ke khalayak ramai.

Menurut mereka, Trump seharusnya mengizinkan Pasukan Pengawal Kepresidenan merilis daftar pengunjung itu, di bawah Akta Kebebasan Informasi, yang menjaga detil sensitif tetap dirahasiakan. "Kebijaksanaan baru itu melecehkan peraturan yang yang berlaku. Mereka ingin agar Gedung Putih tidak akuntabilitas bagi warga AS," tutur Tom Fitton, presiden kelompok itu.

Presiden Obama pernah berupaya menyembunyikan daftar tamu itu, namun setelah digugat, pemerintahnya mengeluarkan daftar nama tamu pada Desember 2009. Dan sejak itu, Obama mengeluarkan daftar nama tamu setiap tiga atau empat bulan. Langkah itu tetap dilakukan sampai akhir masa jabatannya, walaupun pengadilan federal mengabulkan upaya peninjauan kembali pada 2013 dan Obama boleh merahasiakan daftar tamunya.

Sejauh ini tercatat 6 juta nama pengunjung Gedung Putih, juga Kantor Manajemen dan Anggaran serta para wakil perdagangan AS dan badan keamanan nasional. Tentu saja beberapa nama eksklusif tak diumumkan untuk menjaga kerahasiaan pribadi.

 
x